Liga Indonesia

Sejak Liga 1 Bergulir, Ini Bintang Asing Paling Loyal dengan Satu Klub

Jumat, 24 Januari 2020 18:19 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejak Liga 1 Bergulir, Ini Bintang Asing Paling Loyal Dengan Satu Klub. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejak Liga 1 Bergulir, Ini Bintang Asing Paling Loyal Dengan Satu Klub.

INDOSPORT.COM - Sejak bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia, banyak bintang asing datang dan pergi namun sosok pemain berikut ini tercatat paling loyal serta setia bersama satu klub Tanah Air. Siapakah dia?

Kasta teratas Liga Indonesia dengan nama Liga 1 sendiri baru bergulir pada 2017 silam. Sebelumnya kompetisi sepak bola Tanah Air sempat vakum sejak 2015 hingga 2016.

Sebelum vakum, kompetisi Liga Indonesia bernama Liga Primer Indonesia (LPI) dan sempat mengalami dualisme sehingga terbentuk liga lain bernama Liga Super Indonesia.

Barulah pada 2017, kompetisi dimulai kembali dan menggunakan nama baru yakni Liga 1. Perubahan nama juga berlaku untuk kasta kedua menjadi Liga 2 dan serta Liga Nusantara menjadi Liga 3.

Sejak pertama kali bergulir tahun 2017 silam, banyak pemain asing silih berganti bergabung dengan klub-klub lokal Tanah Air. Ada yang bertahan hingga kompetisi berakhir, namun tidak sedikit pula yang dilepas di pertengahan musim.

Dari sekian banyak pemain asing yang datang ke Liga 1 Indonesia, ada satu sosok yang tercatat paling loyal dan tetap setia membela klub pertamanya hingga sekarang.

Pemain tersebut adalah Marc Klok. Bintang PSM Makassar tersebut datang pada tahun 2017 dan tidak pernah berganti jersey hingga musim 2020 mendatang atau selama tiga musim beruntun.

Sejatinya PSM punya satu pemain asing yang lebih loyal ketimbang Marc Klok, yakni Wiljan Pluim yang datang pada musim 2016 silam namun sayang Pluim bergabung saat Liga 1 belum terbentuk.

Selama berseragam PSM, Marc Klok cukup memberikan kontribusi positif. Total dalam 100 penampilan bersama skuat Juku Eja di semua kompetisi, pemain asal Belanda tersebut berhasil mencetak 17 gol dan memberikan 12 assist.

Selain Marc Klok, ada beberapa pemain asing yang juga loyal bermain di Liga 1 sejak pertama kali bergulir tahun 2017 silam antara lain Ezechiel N'Douassel, Paulo Sergio, dan juga Aaron Evans.

Namun tiga pemain tersebut tidak bertahan lama bersama klub pertama mereka, teranyar Ezechiel N'Douassel yang menjadi mesin gol Persib memilih bergabung dengan Bhayangkara FC.