Liga Indonesia

Beginikah Formasi Arema FC dengan Hadirnya Luciano Pons?

Sabtu, 25 Januari 2020 10:16 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Ilustrasi formasi Arema FC. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Ilustrasi formasi Arema FC.

INDOSPORT.COM - Striker asing Luciano Pons dikabarkan merapat ke Arema FC. Berikut perkiraan formasi Arema FC dengan adanya Luciano Pons. 

Klub sepak bola papan atas di Indonesia, Arema FC, masih menjadi perbincangan karena perburuan pemain mereka di bursa transfer Liga 1

Setelah melepas Makan Konate, meminjamkan Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha, Arema FC kini memburu sejumlah pemain. 

Untuk slot pemain lokal, Arema FC sudah mendatangkan Bagas Adi, Pandi Lestaluhu, Dave Mustaine, Kushedya Hari Yudo, hingga Mariando Uropmabin. 

Sedangkan untuk slot pemain asing, baru slot pemain asing Asia saja yang sudah terisi dengan hadirnya Oh In-kyun. Sedangkan tiga slot pemain asing lainnya sedang berusaha untuk diisi oleh Arema FC. 

Pemain asing yang diinginkan oleh Arema FC adalah yang berposisi sebagai bek tengah, second striker, dan striker. 

Satu nama pemain asing sudah mulai mengemuka akan bergabung dengan Arema FC adalah striker asal Argentina yang bernama Luciano Pons

Sambil menunggu rekrutan asing Arema FC yang lain, berikut INDOSPORT menyajikan perkiraan formasi Arema FC dengan pemain yang sudah ada, ditambah dengan Luciano Pons. 

4-3-3

Formasi 4-3-3 merupakan salah satu formasi yang sering digunakan oleh pelatih Arema FC saat ini, Mario Gomez, terutama saat dirinya melatih Borneo FC. 

Formasi 4-3-3 juga sudah familiar dengan Arema FC di Liga 1 2019 lalu. Maka cukup beralasan jika Arema FC kembali memakai formasi ini di Liga 1 2020. 

Berikut perkiraan formasi 4-3-3 di Arema FC dengan adanya Luciano Pons. 

Kiper 

Untuk posisi kiper, Kurniawan Kartika Ajie masih akan menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang seperti musim lalu. 

Meskipun Arema FC juga merekrut kiper baru pada bursa transfer kali ini, yaitu Teguh Amiruddin. 

Bek

Untuk posisi pemain belakang, nama lama seperti Johan Alfarizi akan mengisi posisi bek kiri, sedangkan untuk bek kanan akan diisi oleh Alfin Tuasalamony. 

Sedangkan untuk posisi bek tengah, besar kemungkinan akan diisi oleh rekrutan baru, yaitu Bagas Adi. Bagas Adi tentunya akan berduet dengan bek asing baru milik Arema FC yang belum diumumkan namanya. 

Gelandang

Untuk posisi gelandang dengan formasi 4-3-3, maka Hendro Siswanto menjadi pilihan utama untuk posisi gelandang bertahan. 

Sedangkan untuk gelandang serang, akan diisi oleh Hanif Sjahbandi dan juga pemain asing Asia yang baru direkrut, Oh In-kyun. 

Striker 

Dengan formasi 4-3-3 Arema FC bisa lebih memaksimalkan peran striker yang mereka rekrut. Slot 3 striker bisa diisi dengan Dedik Setiawan, Luciano Pons, dan juga striker baru lainnya. Mariando Uropmabin. 

Sementara itu, Muhammad Rafli dan striker asing lainnya bisa disimpan terlebih dulu di bangku cadangan. 

4-2-3-1 

Kiper 

Untuk posisi kiper, tak akan berpengaruh dengan perubahan formasi menjadi 4-2-3-1. Posisi kiper besar kemungkinan tetap akan diisi oleh Kurniawan Kartika Ajie. 

Bek 

Sama dengan posisi kiper, pemain belakang juga tak akan mengalami perubahan dengan formasi 4-2-3-1. Susunan bek Arema FC adalah Alfin Tuasalamony, Bagas Adi, Bek Asing Baru, Johan Alfarizi. 

Gelandang 

Dengan perubahan formasi menjadi 4-2-3-1 maka Oh In-kyun akan berduet dengan Hendro Siswanto dengan posisi lebih ke dalam. 

Opsi lain yang dapat digunakan adalah memasang dua gelandang bertahan seperti Hendro Siswanto dan Jayus Hariono. 

Jika pada formasi 4-3-3 Arema FC bisa memaksimalkan potensi striker yang dimiliki, maka formasi 4-2-3-1 bisa memaksimalkan peran winger dan second striker. 

Tiga posisi di belakang striker bisa diisi oleh Kushedya Hari Yudo sebagai winger kiri, lalu Dendi Santoso sebagai winger kanan. 

Kemudian satu posisi lagi bisa diisi oleh second striker asing yang sedang diburu oleh Arema FC, atau bisa diisi oleh Oh In-kyun. 

Striker 

Dengan formasi 4-2-3-1 maka Luciano Pons bisa menjadi pilihan utama Arema FC dengan opsi Dedik Setiawan dan Muhammad Rafli di bangku cadangan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%