Liga Inggris

Jadi Pelatih Manchester United Ternyata Membuatmu Kelihatan Tua

Sabtu, 25 Januari 2020 16:54 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Catherine Ivill/Getty Images
Selain kepala negara atau kepala pemerintahan, pekerjaan yang akan membuatmu lebih tua adalah menjadi pelatih klub Liga Ingris, Manchester United. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Selain kepala negara atau kepala pemerintahan, pekerjaan yang akan membuatmu lebih tua adalah menjadi pelatih klub Liga Ingris, Manchester United.

INDOSPORT.COM – Selain kepala negara atau kepala pemerintahan, pekerjaan yang akan membuatmu terlihat lebih tua satu atau dua dekade adalah menjadi pelatih klub Liga Inggris, Manchester United.

Menjadi pelatih Manchester United saat ini terbukti tidak baik untuk kesehatan dan penampilan fisik. Hal ini terlihat dari beberapa foto para pelatih Setan Merah sesudah dinasti Sir Alex Ferguson lengser dari Old Trafford.

Bukti nyata terbaru adalah perubahan fisik serta penampilan Ole Gunnar Solskjaer. Dulu, legenda Norwegia ini memiliki julukan Baby-faced Assassin karena kepolosan wajahnya yang terus menerus kelihatan selalu muda meskipun usianya terus bertambah.

Hal tersebut masih terlihat ketika Solskjaer kembali ke Old Trafford sebagai pelatih pada bulan Desember tahun 2018 lalu. Masih kelihatan awet muda dan segar, tidak banyak perubahan dari dirinya dulu.

Tetapi 13 bulan melatih Manchetser United membuat Solskjaer terlihat seperti pria pada akhir usia 60-an tahun! Lusuh, penuh keriput, dan terlihat menyimpan banyak pikiran. Apalagi kalau bukan karena inkonsistensi timnya di Liga Inggris.

Sebelum Solskjaer, tercatat David Moyes yang lebih dulu merasakan penuaan instan ketika dirinya dipercaya melatih klub asal kota Manchester tersebut sepeninggal Sir Alex Ferguson. Keriput dan terlihat penuh tekanan tergambar jelas di wajah Moyes saat itu.

Bahkan, Louis van Gaal dan Jose Mourinho yang terkenal bertangan dingin pun tak mampu menghindari hal tersebut. Khusus untuk Mourinho, periode kepelatihannya di Manchester United adalah yang paling membuat dirinya tampak amburadul.

Penuaan instan yang terlihat dari barisan pelatih Manchester United tersebut membuktikan bahwa menjadi pelatih The Red Devils adalah salah satu pekerjaan dengan tingkat stres setara kepala negara atau pemerintahan.

Haruskah Ole Gunnar Solskjaer meletakkan jabatannya sebagai pelatih di Old Trafford supaya dirinya bisa kembali tampil muda dan bercahaya?