Liga Indonesia

Persib-Persija Bersaing, Inilah 3 Pemain Asing Tertajam yang Menghiasi Pentas Liga 1

Sabtu, 25 Januari 2020 18:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pentas Liga 1 dihiasi oleh sejumlah pemain asing yang betah merumput di Indonesia dan memiliki kualitas ketajaman mumpuni. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pentas Liga 1 dihiasi oleh sejumlah pemain asing yang betah merumput di Indonesia dan memiliki kualitas ketajaman mumpuni.

INDOSPORT. COM - Pentas Liga 1 dihiasi oleh sejumlah pemain asing yang betah merumput di Indonesia dan memiliki kualitas ketajaman mumpuni.

Fenomena penggunaan pemain asing memang sudah umum terjadi di pentas sepak bola Indonesia. Sedari era Liga Indonesia hingga Liga 1, banyak sekali legiun asing dari berbagai negara yang sudah menghiasi lapangan hijau Tanah Air.

Khusus era Liga 1, klub-klub yang boleh memiliki pemain asing hanya dari kompetisi kasta tertinggi saja. Kompetisi kasta kedua dan ketiga, Liga 2 serta Liga 3, harus mengutamakan pemain lokal.

Pembatasan pemain asing pun tak lupa untuk diterapkan di Liga 1. Setiap tim hanya boleh memiliki maksimal empat pemain asing, yang mana salah satu di antaranya harus berasal dari negara-negara Asia.

Kalau mau dibedah lebih mendalam, ada beberapa pemain asing yang hingga saat ini betah merumput di Liga 1 dan produktif mencetak gol. Mereka pun sudah dipastikan bakal kembali menghiasi pentas Liga 1 2020 dan terus menambah pundi-pundi golnya.

Lalu, siapa saja pemain asing tertajam di Liga 1 tersebut? INDOSPORT coba merangkum daftarnya ke dalam ulasan berikut ini.

Ezechiel N'Douassel

Stiker Persib Bandung, Ezechiel N

Ezechiel N'Douassel merupakan pemain asing ketiga tertajam di pentas Liga 1. Berdasarkan data dari Transfermarkt, Ezechiel N'Douassel sepanjang menghiasi pentas Liga 1 total mampu membukukan 36 gol.

Menariknya, kesemua gol Ezechiel N'Douassel tersebut dipersembahkannya hanya untuk satu klub saja, yakni Persib Bandung. Berasal dari Chad, Ezechiel N'Douassel memang sudah menjadi bagian dari skuat Maung Bandung sejak musim perdana Liga 1 2017 lalu.

Sayangnya, kebersamaan Ezechiel N'Douassel dan Persib Bandung kini dipastikan sudah berakhir. Jelang Liga 1 2020, Ezechiel N'Douassel telah memilih untuk hijrah menuju Bhayangkara FC.


Sylvano Comvalius

© Twitter/Bali United
Sylvano Comvalius. Copyright: Twitter/Bali UnitedSylvano Comvalius.

Sensasi luar biasa dilancarkan penyerang asing asal Belanda, Sylvano Comvalius pada musim Liga 1 2017 lalu. Kala itu, Comvalius yang menjalani musim perdananya di Indonesia, langsung mampu menyabet gelar top skor berkat catatan 37 gol semusim untuk Bali United.

Torehan tersebut sekaligus membawa Comvalius kepada sebuah rekor fantastis. Comvalius menjadi top skor dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Nama Comvalius pun masuk ke deretan tiga teratas pemain asing tertajam Liga 1. Setelah musim lalu membela Arema FC, Comvalius total mengemas 42 gol, atau yang kedua tertajam.


Marko Simic

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kontraknya diperpanjang, pantaskah Persija Jakarta pertahankan Simic. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic.

Kualitas penyerang asing asal Kroasia, Marko Simic, di pentas sepak bola Indonesia rasanya bisa mencapai kata maksimal. Buktinya saja, Marko Simic kini tercatat menjadi pemain asing Liga 1 yang menduduki urutan teratas dalam urusan ketajaman mencetak gol.

Sejak membela Persija Jakarta pada Liga 1 2018, Simic total telah membukukan 45 gol. Menariknya, Simic juga sudah menorehkan dua prestasi gemilang, yakni gelar juara Liga 1 2018, dan top skor Liga 1 2019.

Begitulah rangkuman dari deretan pemain asing tertajam di Liga 1. Simic namanya jadi yang tertajam, dan secara berurutan diikuti oleh Comvalius serta Ezechiel.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%