Liga Spanyol

Kalah Lawan Valencia di LaLiga Spanyol, Tanda Setien Tak Pantas Latih Barcelona?

Senin, 27 Januari 2020 09:55 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© DNA India
Kalah lawan Valencia di LaLiga Spanyol, tanda Quique Setien tak pantas latih Barcelona? Copyright: © DNA India
Kalah lawan Valencia di LaLiga Spanyol, tanda Quique Setien tak pantas latih Barcelona?

INDOSPORT.COM - Quique Setien mulai diragukan sebagai pelatih Barcelona usai kalah pada pertandingan LaLiga Spanyol 2019-2020 lawan Valencia, Sabtu (25/1/20).

Sebelumnya, Barcelona harus takluk dengan skor 0-2 atas Valencia pada pertandingan tandang yang berlangsung di Mestalla. Dilansir laman berita Sports Mole, Setien dikabarkan menjadi salah satu penyebab hasil tragis ini.

Pelatih anyar pengganti Ernesto Valverde tersebut kabarnya mengubah formasi ke 3-5-2 yang nyatanya justru membuat para pemain merasa sulit untuk mempertahankan penjagaan.

Mengubah ke bentuk formasi baru malah justru menjadi penyebab kekalahan perdana Setien di LaLiga Spanyol musim ini. Pasalnya, Barcelona dianggap lebih pantas dengan menggunakan formasi 4-3-3 yang memang sudah mejadi tradisi tiap pertandingan.

Meski demikian Setien nampak memiliki alasan tersendiri mengapa memilih bereksperimen dengan menggunakan formasi baru pada laga kontra Valencia. Cedera yang dialami Luis Suarez dan Ousmane Dembele membuatnya hanya bisa mengandalkan Antoine Griezmann bersama Lionel Messi.

Setien sendiri sudah mengakui jika kekalahan menyedihkan Barcelona memang merupakan kesalahannya. Hal ini dirinya rasakan ketika Blaugrana tampak mulai tak berdaya sejak babak pertama kontra Valencia.

Padahal, sejatinya Barcelona berhasil memegang kendali pada pertandingan ini. Terbukti dengan rasio keberhasilan penguasaan bola yang mencapai angka 74 persen dan jumlah tembakan hingga 14 kali ke gawang Los Che.

Kalah dua gol tanpa balas dari Valencia pun bak sinyal Setien tak mampu menjadi pelatih Barcelona. Apalagi, hasil pahit ini baru merupakan pertandingan ketiganya sejak resmi gantikan Valverde.