Liga Indonesia

Geoffrey Castillion, Eks Ajax Amsterdam Calon Striker Baru Persib Bandung

Selasa, 28 Januari 2020 15:27 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Ajax Showtime
Eks Ajax Amsterdam, Geoffrey Castillion dikabarkan bakal bergabung ke Persib Bandung pada bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Ajax Showtime
Eks Ajax Amsterdam, Geoffrey Castillion dikabarkan bakal bergabung ke Persib Bandung pada bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT.COMPersib Bandung dikabarkan tengah mencari striker baru di bursa transfer Liga 1 2020 setelah mereka tak lagi melanjutkan kerja sama dengan Joel Vinicius.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan bahwa pemain pengganti Joel Vinicius tersebut akan datang dalam waktu dekat ini.

"Dia akan datang malam ini. Dia dari Belanda," kata Robert Alberts di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (28/01/2020). 

Mantan pelatih PSM Makassar tersebut menambahkan bahwa pemain incaran Persib ini pernah bermain untuk salah satu tim besar Liga Belanda, yakni Ajax Amsterdam. 

"Dia pernah bermain di Ajax dan dia juga pernah bermain di klub lain di Belanda. Lalu dia mulai pergi merantau, liga terakhir dia (adalah) Islandia, dia seorang striker dan akan tiba malam ini, mendarat malam ini di Jakarta," ucapnya. 

Nama pemain yang dimaksud merucut pada Geoffrey Castillion. Rumor itu muncul setelah akun Twitter Indostransfer melihat Rene Alberts telah mengikuti akun Instagram Geoffrey Castillion.

Karier Geoffrey Castillion

Geoffrey Castillion memulai karier profesionalnya bersama klub legendaris Liga Belanda (Eredivisie) Ajax Amsterdam pada 2010 silam.

Sebelum diporomosikan ke skuat utama Ajax, dirinya lebih dulu mengemban ilmu di akademi klub tersebut selama kurang lebih lima tahun (2005-2010).

Penyerang berusia 28 tahun tersebut diberikan kesempatan tampil di Eredivisie pada musim 2010/11 saat Ajax dikalahkan Ado Den Haag dengan skor 2-3.

Tak mampu menembus skuat utama Ajax, Geoffrey Castillion akhirnya dipinjamkan ke RKC Waalwijk pada musim berikutnya. Ia pun mampu mengemas 6 gol dari 29 laga di Eredivisie.

Selain Ajax dan RKC Waalwijk, Geoffrey Castillion juga pernah memperkuat klub Eredivie lainnya, yakni Heracles (3 gol dari 30 laga) dan NEC Nijmegen (2 gol dari 7 pertandingan).

Di sisi lain, dirinya juga pernah dipercaya untuk memperkuat beberapa level usia muda Timnas Belanda. Menurut laporan Transfermarkt, ia mampu mengemas 5 gol dari 12 pertandingan.

Pada 2014 Geoffrey Castillion hijrah ke Liga Amerika Serikat (MLS) untuk memperkuat New England, sebelum akhirnya hijrah ke klub asal Rumania dan Hungaria.

Dirinya memperkuat Universitatea Cluj di Liga Rumania dan mengoleksi satu gol dari 11 laga. Sedangkan di dua klub Hungaria, Debrecen (3 gol dari 22 laga) dan Puskas FC (tak cetak gol dari 8 laga), ia tak bisa berbicara banyak.

Barulah di Liga Finlandia, Geoffrey Castillion mulai mampu mengemas 10 gol atau lebih saat dirinya memperkuat Vikingur Reykjavik (10 gol dari 19 laga) dan Fylkir (17 gol dari 24 laga).

Fylkir menjadi klub terakhir yang dibela Geoffrey Castillion. Jika melihat performa di musim terakhirnya, dirinya cukup gemilang bagi seorang striker.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika Geoffrey Castillion akan tampil produktif bersama Persib pada Liga 1 2020 mendatang.