Liga Inggris

Apa Kabar Adrian Mutu? Pemain yang Dibuang Chelsea karena Narkoba

Kamis, 30 Januari 2020 12:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© digifm.ro
Adrian Mutu. Copyright: © digifm.ro
Adrian Mutu.

INDOSPORT.COM - Adrian Mutu pernah menjadi salah satu pemain terkenal di Eropa. Bagaimana kabar Adrian Mutu saat ini? 

Dunia sepak bola Eropa pernah diwarnai oleh seorang pemain dengan talenta hebat asal Rumania. Pemain tersebut bernama Adrian Mutu. 

Adrian Mutu dilahirkan di Calinesti, Rumania, 8 Januari 1979 atau kini berusia 41 tahun. Mutu mengawali karier sepak bola profesional bersama Arges Pitesti pada tahun 1996. 

Setelah itu, Adrian Mutu mulai pindah dari satu klub ke klub lainnya hingga akhirnya pensiun pada tahun 2016 lalu. Kini, bagaimana kabar Adrian Mutu?

Awal Karier Melambung

Sebelum menengok kabar terbaru Adrian Mutu, terlebih dahulu INDOSPORT menyajikan rekam jejak karier dari Adrian Mutu, terutama saat kariernya mulai melambung. 

Awal karier Adrian Mutu melambung adalah ketika Inter Milan melirik Adrian Mutu dari Dinamo Bukarest pada tahun 1999. Adrian Mutu tampil cukup baik bersama Inter Milan dengan 14 penampilan dan sumbangan 2 gol. 

Setelah bermain satu setengah musim untuk Inter Milan, Adrian Mutu hijar ke Hellas Verona dan penampilannya semakin menanjak. 

Adrian Mutu tampil dalam 63 pertandingan bersama Hellas Verona dan mencetak 17 gol. Produktivitas Adrian Mutu terus meningkat dan ketajamannya terus terasah saat pindah ke Parma pada tahun 2002. 

Dalam 36 pertandingan bersama Parma, Adrian Mutu berhasil mencetak 22 gol sehingga namanya jadi perbincangan pada masa itu. 

Kasus Narkoba 

Ketajaman Adrian Mutu saat membela Parma di Serie A Italia, membuat pemilik baru Chelsea saat itu, Roman Abramovich, melirik Adrian Mutu. 

Roman Abramovich pada saat itu memang sedang membangun tim penuh bintang untuk Chelsea yang kemudian dilatih Jose Mourinho pada tahun 2004. 

Adrian Mutu pun memberikan kontribusi yang cukup maksimal bagi Chelsea. Dari 38 pertandingan yang ia jalani, Mutu mencetak 10 gol dan memberikan 9 assists. 

Mutu bahkan mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan pertamanya bersama Chelsea dan membuktikan bahwa dirinya memang pemain berkualitas. 

Akan tetapi godaan dari narkoba membuat karier Adrian Mutu terganggu. Adrian Mutu yang dihukum bertanding karena positif menggunakan narkoba, akhirnya dipecat oleh Chelsea pada tahun 2004. 

Kabar Saat Ini

Setelah dipecat Chelsea, Adrian Mutu sempat melanglang buana ke sejumlah klub mulai dari Juventus, Fiorentina, hingga kembali ke Rumania dan pensiun tahun 2016 lalu. 

Adrian Mutu kemudian mulai merintis karier di dunia kepelatihan. Setelah menjadi Direktur Teknik bagi Timnas Rumania pada periode 2017-18, Adrian Mutu melatih klub Rumania, FC Voluntari. 

Hingga akhirnya di tahun 2020, Adrian Mutu ditunjuk menjadi pelatih Timnas Rumania U-21. Adrian Mutu ditunjuk pada 14 Januari lalu sebagai mentor untuk talenta-talenta masa depan Rumania. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ADRIAN MUTU (@adrian10mutu) on

Timnas Rumania U-21 akan berlaga di kualifikasi Euro U-21 pada bulan Maret mendatang dengan melawan Denmark U-21. Timnas Rumania U-21 sendiri masih menempati posisi 2 di Grup 8. 

Tugas Adrian Mutu adalah setidaknya membawa Rumania U-21 ke Euro U-21 2021 dengan menjadi runner up terbaik atau lewat jalur playoff.