Liga Indonesia

Jelang Liga 1 2020, PSIS Semarang Lakukan Tes Medis

Kamis, 30 Januari 2020 13:39 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Usai memperkenalkan jajaran manajemen dan official, salah satu kontestan Liga 1 2020 yakni PSIS Semarang melaksanakan tes medis bagi para pemain. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Usai memperkenalkan jajaran manajemen dan official, salah satu kontestan Liga 1 2020 yakni PSIS Semarang melaksanakan tes medis bagi para pemain.

INDOSPORT.COM – Usai memperkenalkan jajaran manajemen dan official, salah satu kontestan Liga 1 2020 yakni PSIS Semarang melaksanakan tes medis bagi para pemain jelang latihan perdana.

Para penggawa Laskar Mahesa Jenar menjalani serangkaian tes medis yang dipimpin dokter tim Alfan Nur Asyhar di mess pemain yang terletak di Jalan Semeru, Kota Semarang, Kamis (30/1/2020) pagi.

Hari Nur Yulianto dan kolega menjalani pemeriksaan berupa general check up yang meliputi cek darah, Elektrokardiogram (EKG) untuk jantung, pemeriksaan umum dari kepala sampai kaki, fisus untuk jarak pandang, buta warna, dan Functional Movement Screening (FMS) untuk memeriksa keseimbangan atau cedera pemain.

“Ini masuk dalam general check up, dimana hasil ini akan kami beritahukan kepada jajaran tim pelatih dan official tentang kondisi terakhir pemain PSIS. Selama ini kan mereka libur jadi supaya tahu apakah ada kelainan ada tubuh mereka, misal berbahaya atau tidak,” tutur Alfan Nur Asyhar kepada awak media.

“Atau pun misal ada kekurangan di tubuh mereka bisa diketahui dari sekarang sehingga bisa diperbaiki dengan latihan atau penambaham suplemen tertentu dari hasil general check up tadi,” imbuh mantan dokter tim Bhayangkara FC tersebut.

Alfan lantas menambahkan bahwa hasil pemeriksaan ini akan dilaporkan ke PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) selaku operator kompetisi untuk menginformasikan kondisi para pemain PSIS supaya di tengah kompetisi tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat pelaksaan Liga 1 2020.

“Nanti hasil ini akan kami isi ke lembar Pre Competition Medical Assesment yang diminta oleh PT. LIB, pemain ini eligible tidak untuk mengikut kompetisi. Misal ada cedera parah atau penyakit menular itu kan tidak boleh diikutkan, itu salah satu contoh situasi terburuk,” beber Alfan.

Hasil pemeriksaan kepada para pemain PSIS akan keluar dalam waktu satu atau dua hari ke depan. Dalam pemeriksaan kali ini, pihak official PSIS menggandeng Kimia Farma untuk melakukan kerja sama.

Para pemain PSIS yang tidak hadir dalam tes medis pada Kamis pagi seperti pemain asing yang belum datang dan pemain lokal yang belum nampak batang hidugnya akan menjalani tes serupa saat mereka sudah tiba di Kota Semarang.