Liga Champions

Siapa Kiper Paling Banyak Tampil dan Clean Sheets di Liga Champions?

Kamis, 30 Januari 2020 15:47 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Liga Champions 2019/20 memasuki babak 16 besar. Sebanyak 16 tim akan berebut dua tiket ke babak final yang bakal dilaksanakan di Istanbul, Turki. Copyright: © INDOSPORT
Liga Champions 2019/20 memasuki babak 16 besar. Sebanyak 16 tim akan berebut dua tiket ke babak final yang bakal dilaksanakan di Istanbul, Turki.

INDOSPORT.COM - Liga Champions 2019/20 kini sudah memasuki babak 16 besar. Sebanyak 16 tim akan berebut dua tiket ke babak final yang bakal dilaksanakan di Istanbul, Turki.

Sebelum membahas bagaimana keseruan pertandingan yang akan terjadi di babak 16 besar Liga Champions, mari kita lihat data-data mengenai seorang kiper yang bermain di kompetisi tertinggi di Eropa ini.

Dilansir dari uefa.com, Iker Casillas adalah seorang kiper yang paling membuat penampilan terbanyak di Liga Champions sebanyak 177 kali. Disusul oleh Gianluigi Buffon dengan total penampilan 123 laga.

Di tempat ketiga dalam daftar kiper dengan penampilan terbanyak di Liga Champions ada Petr Cech (111), lalu ada eks kiper Barcelona, Victor Valdes (106), dan bintang Bayern Munchen (106).

Nah, untuk urusan clean sheets, Iker Casillas juga mencatatkan nomor paling banyak, yakni 57 kali. Akan tetapi, jumlah kebobolan Casillas juga tinggi, yaitu 203 kali.

Dengan catatan itu, Casillas memiliki catatan rata-rata kebobolan per pertandingan 1,15. Catatan itu jelas masih tinggi dibandingkan oleh kiper legendaris AC Milan, Dida.

Dida sendiri merupakan kiper yang memiliki catatan kebobolan per laganya paling rendah. Dari data tersebut, Dida telah tampil dalam 72 penampilan di Liga Champions.

Kiper asal Brasil itu kebobolan 56 kali dan ia berhasil mencatatkan nirbobol sebanyak 35. Sehingga catatan kebobolan per pertandingan yang dimiliki Dida hanyalah 0,78, paling sedikit dalam daftar 10 kiper dengan catatan pertandingan terbanyak di Liga Champions.

Sementara itu, Iker Casillas adalah kiper yang bisa diacungi jempol. Sebab, ia adalah kiper termuda yang meraih juara di Liga Champions saat berusia 19 tahun, 4 hari.

Sedangkan kiper tertua yang memenangi juara Liga Champions, yakni legenda Manchester United, Edwin van der Sar, pada 2008 di usia 37 tahun, 205 hari.