Liga Spanyol

5 Fakta Tak Terduga Jelang Laga Real Madrid vs Atletico

Jumat, 31 Januari 2020 10:57 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Ynt/Indosport.com
5 fakta tak terduga tersaji jelang duel panas sarat gengsi antara Real Madrid vs Atletico Madrid di pekan ke-22 LaLiga Spanyol 2019-2020 Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
5 fakta tak terduga tersaji jelang duel panas sarat gengsi antara Real Madrid vs Atletico Madrid di pekan ke-22 LaLiga Spanyol 2019-2020

INDOSPORT.COM - Derbi Madrid antara Real Madrid vs Atletico Madrid pada pekan ke-22 LaLiga Spanyol 2019-2020 memiliki beberapa fakta menarik yang akan menghiasi panasnya pertandingan nanti.

Derbi Madrid bukan hanya sekedar duel tim sekota. Laga ini sarat gengsi karena nama besar kedua tim di kancah sepak bola Spanyol. Selain itu, pertandingan ini juga akan menentukan siapa tim terbaik di ibukota.

Real Madrid muncul sebagai tim superior ibukota Spanyol ketimbang Atletico Madrid. Hal ini mungkin sudah bukan lagi rahasia mengingat gelar demi gelar telah diraih Los Blancos sejak berdiri pada tahun 1902.

Namun, dewasa ini Atletico justru mampu merusak dominasi Real Madrid sebagai tim penguasa ibukota. Sehingga derbi ini bukan lagi laga biasa, melainkan gengsi yang dipertaruhkan demi nama besar tim di sepak bola Spanyol.

Beragam fakta pun tersaji menjelang duel panas di ibukota Spanyol ini. Berikut fakta-fakta tak terduga derbi Madrid seperti yang terangkum dalam rilis pers LaLiga yang diterima tim INDOSPORT:

1. Atletico Dibentuk untuk Menyaingi Real Madrid

Semua bermula dari pelajar asal Basque yang tinggal di Madrid menghadiri final Copa del Rey antara Athletic Club melawan Madrid CF (Real Madrid) pada tahun 1903. Pelajar yang menonton tersebut tak menyukai cara bermain Madrid CF sehingga 18 hari kemudian membuat cabang Athletic di Madrid yang menjadi cikal bakal Atletico de Madrid.

2. Atletico Tak Pernah Memenangi Derbi Madrid Selama 14 Tahun

Dari tahun 1999 hingga 2013, Atletico Madrid selalu menderita dalam setiap laga derbi Madrid. Los Colchoneros tak pernah menang dalam 25 laga. Kehadiran Diego Simeone pun membawa keberuntungan. Sejak dilatih pria asal Argentina ini, derbi Madrid selanjutnya berjalan berjalan seru di mana dalam 26 pertandingan Los Rojiblancos menang delapan kali, 11 kali imbang dan tujuh kali kekalahan.

3. Tradisi Perayaan di Air Mancur Cibeles Diawali oleh Atletico Madrid

Pada tahun 1970-an, perayaan juara tim sepak bola Spanyol di beberapa sudut kota mulai menjamur. Termasuk perayaan di Air mancur Cibeles. Tempat tersebut identik dengan Real Madrid saat merayakan gelar juara. Namun, siapa sangka, nyatanya Atletico dulu lah yang mengawali tradisi tersebut saat menjuarai liga pada tahun 1977 dan diikuti oleh Los Blancos.

4. Derbi Madrid Lebih Besar dari Duel El Clasico

Barcelona menjadi rival dari Real Madrid sehingga duel keduanya dianggap laga terakbar di sepak bola Spanyol. Namun, Derbi Madrid nyatanya lebih besar ketimbang El Clasico. Hal ini seperti yang diungkapkan legenda Los Blancos, Alfredo di Stefano, yang meminta Los Merengues melupakan Barcelona dan mewaspadai Atletico.

5. Bernabeu Menjadi Jimat Keberuntungan Atletico Madrid di Copa del Rey

Meski Santiago Bernabeu merupakan markas dari Real Madrid, nyatanya stadion megah tersebut merupakan jimat keberuntungan Atletico di Copa del Rey. Los Rojiblancos telah memenangi Copa del Rey sebanyak 10 kali di mana sembilan gelar juara didapat di Santiago Bernabeu.