Bola Internasional

Dihajar Tim Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 Digenjot Lari 10 Km

Jumat, 31 Januari 2020 08:13 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong memperoleh pelajaran berharga selama menjalani training camp (TC) di Thailand.

Dalam TC di Thailand, rangkaian uji coba telah dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19 dan seluruhnya bermain melawan tim dari Korea Selatan.

Dalam uji coba pertama mereka dipermalukan oleh tim kampus Korea Selatan bernama Kyung Hee University dengan skor 0-2.

Di laga kedua, Timnas Indonesia U-19 dihajar 0-4 oleh klub kasta tertinggi Liga Korea Seatan, Seongnam FC.

Pada laga ketiga mereka kembali menjadi bulan-bulanan, dan kali ini melawan tim promosi kasta tertinggi Liga Korea Selatan, Busan IPark dengan skor 1-5.

Saat kembali menjajal Seongnam FC di uji coba keempat, Bagas Kaffa dan kawan-kawan hanya bisa mencetak satu gol dan akhirnya menyerah 1-4.

Garuda Muda hanya berhasil menang di laga kelima saat kembali bersua Kyung Hee University dengan skor tipis 2-1.

Karena rangkaian uji coba tersebut, Shin Tae-yong jadi tau apa kelemahan para pemain.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, menjelaskan kalau para pemain langsung digenjot fisik dengan lari 10km.

"Kami kembali melakukan latihan seperti biasa, pagi dan sore. Setelah beberapa hari kemarin berlatih tanding dengan klub-klub Korea Selatan. Latihan masih tetap fokus di fisik, lari, dan jogging sekitar 5 hingga 10 kilometer, mengembalikan kondisi mereka kembali," kata Nova Arianto dilansir dari laman resmi PSSI.

Meski dihajar beberapa tim Korea Selatan, tetapi para pemain Timnas Indonesia U-19 tetap menunjukan semangat dalam mengikuti latihan.

"Sorenya, kita latihan memperbaiki pertahanan satu lawan satu, hasil evaluasi dan catatan usai beberapa latih tanding sebelumnya. Semangat anak-anak kali ini tampak lebih berlipat, ini kondisi bagus untuk tim ini, saya harap mereka akan terus seperti itu," ujar Nova menambahkan.

Agenda TC di Thailand ini merupakan program dari PSSI supaya Timnas Indonesia U-19 bisa memberikan yang terbaik dalam dua turnamen besar yaitu Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.