Bola Internasional

Dilema Striker Timnas Indonesia U-19: Antara Inggris atau Ujian Nasional?

Jumat, 31 Januari 2020 14:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dilema striker Timnas Indonesia U-19, Fajar Fathur Rahman: antara Inggris atau Ujian Nasional? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dilema striker Timnas Indonesia U-19, Fajar Fathur Rahman: antara Inggris atau Ujian Nasional?

INDOSPORT.COM – Ada keputusan dilematis yang dihadapi striker andalan Timnas Indonesia U-19, Muhammad Fajar Fathur Rahman. Sebagai pelajar yang masih menenpuh pendidikan kelas 3 SMA, ia tentu harus mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2020.

Fajar Fathur sendiri saat ini masih menimba ilmu sepak bola di Inggris dalam program Garuda Select, dan diprediksi baru akan kembali ke Tanah Air pada bulan April 2020. Sementara UN SMA diprediksi akan dilangsungkan mulai akhir Maret 2020 mendatang.

Keputusan Fajar Fathur untuk membela skuat Garuda Select di Inggris pun membuatnya harus meninggalkan bangku sekolah dan berbagai persiapan menghadapi Ujian Nasional. Bahkan, ia sempat ditahan oleh pihak sekolah untuk tidak ke Inggris saat ini.

Hanya saja, keputusan bulat pesepak bola berusia 17 tahun itu pun akhirnya meluluhkan pihak sekolah, dengan catatan jika Fajar harus tetap belajar selama di Inggris.

“Itu juga sempat ribet, kemarin bertentangan dengan sekolah, namun saya berpikir inilah tujuan saya dari awal ingin banggakan orang tua lewat sepak bola, pasti ada resiko, sekolah resikonya,” papar Fajar Fathur dalam sebuah tayangan video di akun Youtube Brylian Aldama.

“Alhamdulillah, saya sudah mendapat jalan keluarnya, sudah berbicara sama guru, dan pasti karena saya kelas tiga harus mengikuti ujian, jadi nanti mungkin balik (duluan dari Inggris),” tambahnya.

Saat ini, selain berlatih sepak bola dan menghadapi laga uji coba melawan tim Inggris, Fajar Fathur juga tetap menempuh pendidikan formal lewat guru-guru yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

“Ngerjain tugas dari guru-guru, saya juga sering Whatsapp sama guru untuk menanyakan tugas, walaupun jauh di sini kita belajar juga, di sini gurunya sangat baik,” pungkasnya.

Saat ini skuat Garuda Select masih berada di Birmingham, Inggris, setelah sebelumnya menjajal sejumlah tim Italia di sepanjang bulan Januari 2020. Dalam waktu dekat, Fajar Fathur dkk. akan menghadapi laga uji coba vs Queens Park Ranger pada Selasa (04/02/20) mendatang.