Liga Inggris

Jejak Sukses Jebolan Sporting Lisbon di Manchester United, Bruno Fernandes Selanjutnya?

Jumat, 31 Januari 2020 10:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Goal
Bruno Fernandes secara resmi direkrut klub Liga Inggris Manchester United dari klub Portugal Sporting Lisbon. Apakah bisa mengikuti jejak sukses pendahulunya? Copyright: © Goal
Bruno Fernandes secara resmi direkrut klub Liga Inggris Manchester United dari klub Portugal Sporting Lisbon. Apakah bisa mengikuti jejak sukses pendahulunya?

INDOSPORT.COM - Bruno Fernandes secara resmi direkrut klub Liga Inggris Manchester United dari klub Portugal Sporting Lisbon. Apakah bisa mengikuti jejak sukses pendahulunya?

Setelah berembus kuat di bursa transfer musim dingin ini, rumor kedatangan Bruno Fernandes ke Manchester United akhirnya menjadi kenyataan.

Diperkenalkan pada Jumat dini hari waktu Indonesia (31/01/20), Bruno Fernandes datang ke Manchester United dengan banderol mencapai 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Dengan harga mahal, ekspektasi tinggi tentu dibebankan kepada pria 25 tahun itu agar bisa membawa Manchester United berada di posisi yang lebih baik dari saat ini.

Apalagi, jika menilik ke belakang, Manchester United punya kisah manis dnegan pemain-pemain yang dibelinya dari Sporting Lisbon.

Sebelum kedatangan Bruno Fernandes, setidaknya ada Cristiano Ronaldo dan Luis Nani yang meriah sukses besar di Manchester United setelah berlabuh dari Sporting Lisbon.

Cristiano Ronaldo dan Nani

Bruno Fernandes sendiri sadar betul dengan rekam jejak sukses para pendahulunya, pemain Sporting Lisbon yang hijrah ke Manchester United.

Bahkan, dalam peryataannya setelah resmi menjadi rekrutan klub berjuluk Setan Merah itu, Bruno Fernandes mengaku jatuh cinta kepada Manchester United lantaran menyaksikan sukses Cristiano Ronaldo di Old Trafford.

"Cintaku kepada Manchester United dimulai saat saya dulu menonton Cristiano Ronaldo bermain. Sejak saat itu, saya telah menjadi penggemar berat klub hebat ini," kata Fernandes melalui dari laman klub.

Bersama Manchester United, Cristiano Ronaldo memang menjelma dari seorang pemuda yang memiliki bakat menjanjikan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Tak main-main, torehan 118 gol berhasil diciptakan Cristiano Ronaldo hanya dalam 292 pertandingan bersama Manchester United. Termasuk juga andil pentingnya dalam memberikan total sembilan trofi juara dalam enam musimnya di Old Trafford.

Meski tak sehebat Cristiano Ronaldo, Luis Nani juga tak kalah sukses bersama Manchester United usai hijrah dari Sporting Lisbon. Kala itu, sepanjang tujuh musim sejak tahun 2007, Nani bisa memberikan 12 trofi juara. Total 40 gol juga diberikan Nani dalam 230 kali kesempatannya berseragam Setan Merah.

Dengan bayang-bayang rekam jejak luar biasa para pendahulunya, Bruno Fernandes memang memiliki kualitas yang sangat mumpuni untuk melanjutkan torehan emas eks Sporting Lisbon di Manchester United.

Berkaca pada catatannya selama tiga musim di Sporting Lisbon, Bruno Fernandes bisa menorehkan 64 gol dan 46 assist hanya dalam 83 penampilannya di seluruh kompetisi.

Selain itu, Bruno Fernandes juga bisa mencatatkan total 271 tembakan ke arah gawang atau rata-rata satu tembakan setiap 14,3 menitnya di atas lapangan. Belum lagi, kemampuannya dalam menciptakan peluang yang tercermin dalam torehan 239 chances created sepanjang berseragam Sporting Lisbon.

Dengan modal mentereng itu jelas bukan mustahil buat Bruno Fernandes mengikuti jejak Cristiano Ronaldo dan Luis Nani. Satu yang mungkin menjadi penghalang besar, mampukah rekan-rekan dan pelatih Manchester United nanti membantu Bruno Fernandes melanjutkan catatan emas pendahulunya. 

Sebab, berbeda dengan Cristiano Ronaldo dan Luis Nani, Bruno Fernandes kini datang ke Liga Inggris dalam situasi Manchester United sedang yang jauh dari kata ideal.