Bola Internasional

Terkuak! Ini Penyebab Timnas Indonesia U-19 Tak Berdaya di Thailand

Sabtu, 1 Februari 2020 09:36 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Training camp (TC) di Thailand telah selesai dijalani oleh Timnas Indonesia U-19 di bawah kendali pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dalam laga uji coba penutup, Timnas Indonesia U-19 kembali menelan hasil mengecewakan, kali ini kalah dari tim kasta kedua Liga Korea Selatan, Bucheon FC 1995 dengan skor 0-2.

Kekalahan tersebut merupakan yang kelima kalinya dialami oleh Timnas Indonesia U-19 selama berada di Thailand.

Bagas Kaffa dan kawan-kawan hanya berhasil sekali menang saat kembali bersua Kyung Hee University dengan skor 2-1.

Selalu menjadi bulan-bulanan tim Korea Selatan, akhirnya terungkap penyebab buruknya hasil laga uji coba Timnas Indonesia U-19.

Pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong, mengatakan kalau memang yang utama bukanlah hasil, melainkan perkembangan fisik para pemain.

Dalam agenda TC di Thailand, Shin Tae-yong tidak mengajarkan soal teknik dan taktik.

Dua hal tersebut akan menjadi konsentrasinya dalam pemusatan latihan berikutnya.

"Perkembangan anak-anak sampai hari terakhir sangat bagus sekali. Apalagi dari segi fisik. Stamina mereka saat ini seperti berlipat, mereka bisa mengatasi kelelahannya dengan semangat mereka di atas lapangan. Daya juang juga bertambah. Memang itu yang saya cari," kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

"Setiap hari begitu, kami juga latihan posisi bertahan, lebih ke set piece (corner dan freekick). Pemusatan latihan berikutnya, kami akan melakukan lebih banyak ke teknik dan taktik," ucapnya menambahkan.

Memang untuk sebagian orang hasil tersebut dianggap mengecewakan. Namun, bagi yang mengerti sepak bola, itu hanyalah uji coba semata untuk mengetahui apa saja kekuarangan yang harus diperbaiki.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, PSSI ingin Timnas Indonesia U-19 bisa berprestasi di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Setelah TC di Thailand selesai, para pemain Timnas Indonesia U-19 akan kembali ke tanah air pada Sabtu (1/2/2020) pukul 17.55 WIB.