Bola Internasional

Wonderkid Persib Bandung Bongkar Bedanya Sepak Bola Italia dan Inggris

Sabtu, 1 Februari 2020 08:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© persib.co.id
Wonderkid Persib Bandung U-19, Kakang Rudianto turut membongkar akan bedanya gaya sepak bola klub-klub Italia dan Inggris. Copyright: © persib.co.id
Wonderkid Persib Bandung U-19, Kakang Rudianto turut membongkar akan bedanya gaya sepak bola klub-klub Italia dan Inggris.

INDOSPORT.COM - Wonderkid Persib Bandung U-19, Kakang Rudianto turut membongkar akan bedanya gaya sepak bola klub-klub Italia dan Inggris. Kakang saat ini tengah bergabung bersama Garuda Select II sejak Oktober 2019 lalu dan menjalani serangkaian pertandingan di Italia dan Inggris.

Selama tur ke Italia, Garuda Select II mengalami kekalahan dari Torino U-17 (0-3), Inter Milan U-17 (2-3), Juventus U-17 (1-2), dan Calcio Como U-17 (1-0).

Sebagai pemain yang berposisi sebagai bek tengah, Kakang merasa kalau permainan klub-klub Italia cenderung menahan diri dan mencari momentum 

"Waktu main lawan tim-tim Italia kemarin, mereka mainnya lebih sabar nunggu bola, tapi di tengahnya sudah padat (counter), " ujar Kakang dikutip laman resmi Persib, Kamis (30/01/20).

Berbeda dengan klub-klub Italia, lanjut Kakang, menurutnya tim-tim Inggris pada umumnya bermain menyerang sejak menit pertama di semua sektor.

"Saya banyak diuji waktu main melawan tim-tim dari Inggris. Mereka main menekan dari depan jadi saya harus terus fokus," lanjut Kakang.

Dengan mengamati gaya bermain tim-tim dari dua negara tersebut, pemain asal Cianjur ini pun mendapat banyak pelajaran berharga.

"Tapi dua-duanya (Italia-Inggris) punya fasilitas sepak bola yang bagus dan komplit," pungkas Kakang.

Garuda Select adalah program pembinaan PSSI yang sudah berjalan sejak Oktober 2019 lalu dengan mengambil tempat di Birmingham, Inggris dan Como, Italia.

Sebelumnya Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise menjelaskan kalau beberapa pemain muda Indonesia di program ini punya bakat yang cukup untuk bermain di level Eropa.