Liga Indonesia

Kisah Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo yang Tak Mungkin Bersatu di Persib Bandung

Minggu, 2 Februari 2020 23:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo tampak tak mungkin bisa bersatu padu untuk memperkuat lini belakang klub Liga 1, Persib Bandung. Copyright: © INDOSPORT
Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo tampak tak mungkin bisa bersatu padu untuk memperkuat lini belakang klub Liga 1, Persib Bandung.

INDOSPORT. COM - Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo tampak tak mungkin bisa bersatu padu untuk memperkuat lini belakang klub Liga 1, Persib Bandung.

Nama Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo memang memiliki rekam jejak karier yang tak lepas dari Persib Bandung. Keduanya sama-sama berposisi sebagai bek, dan pernah menjadi andalan bagi lini belakang Maung Bandung.

Meski demikian, kenyataan tak menjodohkan mereka sebagai rekan duet. Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo sama sekali tak pernah bersama dalam mengawal pertahanan Persib Bandung.

Achmad Jufriyanto jadi pihak yang lebih dulu memulai perjalanan karier bersama Persib Bandung. Sosok Achmad Jufriyanto pertama kali menjadi bagian skuat Persib Bandung pada 2013 silam.

Sementara Victor Igbonefo, debutnya bersama Persib Bandung tercipta pada penghujung tahun 2017. Musim pertamanya merumput pun baru terjadi di Liga 1 2018.

Jika ditelaah lebih mendalam, pola yang tercipta adalah Achmad Jufriyanto selalu pergi saat Victor Igbonefo datang. Entah ada apa, tapi pola ini sudah terjadi sampai dua kali.

Achmad Jufriyanto bermain membela Persib Bandung sepanjang Liga 1 2017 dengan catatan 31 penampilan. Pasca gelaran Liga 1 2017 berakhir, Persib Bandung memanfaatkan masa bursa transfer untuk mendatangkan pemain baru yang salah satunya adalah Victor Igbonefo.

Sebulan lebih Igbonefo merapat, Achmad Jufriyanto tiba-tiba memutuskan meninggalkan Persib Bandung. Tepat pada 29 Januari 2018, Achmad Jufriyanto memilih hijrah ke klub Malaysia, Kuala Lumpur FA, dan membiarkan Victor Igbonefo menjadi andalan lini belakang Persib Bandung.

Kisah serupa terulang kembali pasca gelaran Liga 1 2019 berakhir. Persib Bandung berbelanja pemain pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020, yang mana salah satu rekrutan tim ialah memulangkan kembali Victor Igbonefo.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo.

Transfermarkt mencatat, Igbonefo kembali jadi bagian Persib Bandung pada 1 Januari 2020 lalu. Igbonefo pulang kampung ke Persib Bandung setelah sebelumnya merantau ke klub Thailand, PTT Rayong.

Selang sebulan lebih sehari sejak kedatangan Igbonefo, keputusan besar tiba-tiba diambil Achmad Jufriyanto. Tepat pada Minggu (02/02/20), Persib Bandung merilis informasi kalau Achmad Jufriyanto telah berpamitan dan pasti meninggalkan klub.

Lewat situs resmi klub, Persib Bandung menjelaskan bahwa pihak Achmad Jufriyanto sendirilah yang ingin mundur dari tim. Manajemen Persib Bandung pun hanya menuruti permintaan Achmad Jufriyanto saja, dan berharap sang pemain mendapatkan karier yang lebih baik.

"Pamit mundurnya Jufriyanto adalah murni kemauan sendiri dan PT PERSIB Bandung Bermartabat (PBB) hanya sebatas memenuhi. Sekali lagi, hatur nuhun, Jupe. Sukses untuk petualanganmu selanjutnya!," tulis Persib Bandung pada situs resmi klub.

Begitulah kurang lebih kisah Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo yang tak pernah bisa bersatu padu untuk Persib Bandung jelang Liga 1. Tinggal dinanti saja, ke mana langkah Achmad Jufriyanto selanjutnya pasca meninggalkan Persib Bandung di bursa transfer ini?

1