Liga Champions

Regulasi Liga Champions dan Europa untuk Pemain Anyar di Bursa Transfer Musim Dingin

Minggu, 2 Februari 2020 07:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Harold Cunningham - UEFA/UEFA via Getty Images
Bagaimanakah regulasi Liga Champions dan Liga Europa untuk para pemain yang pindah klub di bursa transfer musim dingin jelang babak sistem gugur? Berikut jawabannya. Copyright: © Harold Cunningham - UEFA/UEFA via Getty Images
Bagaimanakah regulasi Liga Champions dan Liga Europa untuk para pemain yang pindah klub di bursa transfer musim dingin jelang babak sistem gugur? Berikut jawabannya.

INDOSPORT.COM - Bagaimanakah regulasi Liga Champions dan Liga Europa untuk para pemain yang pindah klub di bursa transfer musim dingin jelang babak sistem gugur? Berikut jawabannya.

Jika sejak lama kita sudah mengetahui bahwa para pemain yang pindah di bursa transfer musim dingin, tapi sudah memainkan pertandingan babak gugur, tidak bisa membela klub baru di fase gugur.

Tapi melihat regulasi terbaru yang dirilis oleh situs resmi UEFA, ternyata tidak masalah untuk para pemain yang sudah sempat membela klub lama di babak gugur. Mereka tetap bisa membela klub barunya.

Untuk Liga Champions dan Liga Europa, dalam aturan baru nomor 43.01, 43.02, 45.01 dan 45.02, para peserta babak 16 besar/32 besar diperbolehkan untuk mendaftarkan paling maksimum 3 pemain baru untuk mengarungi sisa kompetisi.

Keterangan lebih lanjut lagi, aturan tersebut mengatakan bahwa salah satu atau semua dari tiga pemain itu tidak masalah jika sudah pernah membela klubnya di babak kualifikasi, play-off atau babak grup di Liga Champions dan Liga Europa.

Peraturan baru dari UEFA ini pun menjawab sejumlah kekhawatiran para fans yang klubnya mendatangkan pemain anyar di bursa transfer musim dingin dari klub-klub yang juga berlaga di babak grup Liga Champions dan Liga Europa.

Kita bisa contohkan Bruno Fernandes, yang membela Sporting Lisbon di babak grup Liga Europa 2019/2020. Bruno Fernandes dapat membela Manchester United di babak 32 besar Liga Europa, asalkan mereka mendaftarkan tak lebih dari 3 pemain baru ke skuatnya.

Atau contoh lainnya adalah Takumi Minamino yang bergabung ke Liverpool di bursa transfer musim dingin. Dia bermain untuk klub Austria, RB Salzburg di babak grup Liga Champions bahkan satu grup dengan Liverpool.

Minamino boleh dimasukkan Jurgen Klopp ke dalam skuatnya guna mengarungi sisa kompetisi Liga Champions. Asal tidak lebih dari tiga pemain baru, jika memang sudah penuh, harus ada yang dihapus untuk slot Minamino.

Kapan Pendaftaran Skuat Liga Champions dan Liga Europa?

Lantas kapankah pendaftaran skuat ditutup untuk klub-klub peserta sistem gugur Liga Champions dan Liga Europa? Di mana jika melewati deadline pendaftaran, namun belum memberi laporan, akan dianggap memakai skuat seperti di babak grup.

Klub-klub peserta babak gugur Liga Champions dan Liga Europa diminta untuk mendaftarkan skuat terbaru mereka paling lambat Senin (03/02/20) pukul 24.00 CET (Waktu Eropa Tengah). Atau jika dikonversi ke WIB (Waktu Indonesia Barat) adalah hari Selasa (04/02/20) pukul 06.00 WIB pagi.

Pantau terus INDOSPORT untuk mengetahui pendaftaran skuat terbaru klub kesayangan Anda di Liga Champions dan Liga Europa, apakah para pemain anyar yang didatangkan di bursa transfer musim dingin kemarin, ikut serta atau tidak.