Liga Inggris

Apa Kabar Jimmy Floyd Hasselbaink? Legenda Chelsea yang Dibuang Mourinho

Senin, 3 Februari 2020 17:10 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© DailyMail
Jimmy Floyd Hasselbaink, mantan pemain Chelsea. Copyright: © DailyMail
Jimmy Floyd Hasselbaink, mantan pemain Chelsea.

INDOSPORT.COM - Jimmy Floyd Hasselbaink merupakan salah satu legenda Chelsea. Bagaimana kabar Jimmy Floyd Hasselbaink saat ini? 

Pada tahun 2003, salah satu klub sepak bola papan atas di Liga Inggris, Chelsea, mendapatkan pemilik baru yaitu Roman Abramovich. 

Datangnya pengusaha asal Rusia tersebut, membawa perubahan besar ke tubuh Chelsea. Chelsea mulai merekrut pemain-pemain bintang yang berkarier di Eropa. 

Sejumlah striker papan atas pun mulai memperkuat lini depan Chelsea. Mulai dari Didier Drogba, Andriy Shevchenko, Adrian Mutu, Fernando Torres, hingga Olivier Giroud. 

Sebelum era striker-striker tersebut dimulai, Chelsea pernah punya seorang striker yang tak kalah hebatnya, Jimmy Floyd Hasselbaink. 

Jimmy Floyd Hasselbaink sendiri sudah dianggap sebagai salah satu legenda yang pernah dimiliki oleh Chelsea. Lalu, apa kabar Jimmy Floyd Hasselbaink saat ini?

Karier Jimmy Floyd Hasselbaink

Sebelum namanya melambung saat berseragam Chelsea pada tahun 2000, Jimmy Floyd Hasselbaink sempat bermain untuk beberapa klub. 

Hasselbaink memulai karier profesional bersama AZ Alkmaar U-19 sebelum promosi ke tim utama pada tahun 1992. Kemudian Hasselbaink pindah dari satu klub ke klub lain. 

Mulai dari Boavista, Leeds United, hingga Atletico Madrid pernah mendapatkan jasa dari Hasselbaink. Klub terakhir yang dibela oleh Hasselbaink adalah Cardiff, sebelum dirinya pensiun pada tahun 2018.

Dibuang Mourinho

Pada tahun 2004, Jose Mourinho didatangkan ke Stamford Bridge sebagai bagian dari proyek ambisius Roman Abramovich mengubah Chelsea menjadi klub sukses. 

Korban pertama dari Jose Mourinho adalah Jimmy Floyd Hasselbaink di Chelsea. Hasselbaink sendiri salah satu pemain penting bagi Chelsea saat itu. 

Dalam 4 musim berseragam The Blues, Hasselbaink tampil dalam 177 pertandingan dan mencetak 88 gol. Namun kontraknya tak diperpanjang dan dilepas oleh Chelsea. 

Mourinho kemudian mengungkap bahwa dirinya menyesal melepas Hasselbaink. "Mourinho berkata bahwa dia membuat kesalahan dan seharusnya tak membiarkan saya pergi," kata Hasselbaink dilansir dari Dailystar. 

Kabar Saat Ini 

Usai pensiun pada tahun 2008, Jimmy Floyd Hasselbaink kemudian merintis karier sebagai pelatih. Pada tahun 2011, Jimmy Floyd Hasselbaink menjadi asisten pelatih untuk Nottingham Forest. 

Pada tahun 2013, Hasselbaink pindah ke klub Belgia Royal Antwerp dan naik jabatan menjadi pelatih utama. Hanya semusim bertahan, Hasselbaink kembali ke Inggris. 

Burton Albion menjadi klub yang ia latih selama semusim saja. Klub selanjutnya yang dilatih Hasselbaink adalah Queens Park Rangers dan hanya semusim saja bertahan. 

Hasselbaink pun harus turun ke kasta keempat Liga Inggris untuk melatih Northampton Town dan kebersamaan Hasselbaink dengan klub tersebut pun hanya bertahan 7 bulan saja. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JIMMY FLOYD HASSELBAINK (@official_jfhasselbaink) on

Hasselbaink saat ini tengah disibukkan dengan karier di luar lapangan, yaitu menjadi seorang pandit atau komentator. 

Pada hari ini, Senin (03/02/20) unggahan terakhir Hasselbaink di instagramnya adalah foto bersama Eidur Gudjohnsen dan bersama-sama menjadi pembicara dalam podcast yang diadakan oleh Sky Sports.