Liga Indonesia

3 Fakta Haris Dilaver, Striker Eropa yang Merapat ke Persela Lamongan

Selasa, 4 Februari 2020 20:12 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut ada 3 fakta menarik dari Haris Dilaver, striker asal Eropa, tepatnya Bosnia-Herzegovina, yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan.

Pada masa bursa transfer Liga 1 memasuki musim 2020, Persela tengah aktif berburu pemain idaman. Hal ini demi menyongsong musim baru lebih produktif.

Selain itu Persela juga turut mempertahankan serta melepas pemain mereka yang dirasa tak sesuai dengan skema kepala pelatih Nil Maizar.

Sejauh ini Persela telah mengamankan dua pemain asing, yakni Rafinha (Brasil) dan Shunsuke Nakamura (Jepang) dari jatah empat slot (tiga non-Asia dan satu Asia).

Perburuan pemain masih berlangsung lantaran kompetisi paling ketat Liga 1 2020 baru bakal dimulai sejak 28 Februari mendatang.

Kini Persela tengah dirumorkan bakal mendatangkan striker asal Eropa dalam sosok Haris Dilaver. Hal itu terungkap lewat kicauan akun media sosial Twitter @indostransfer.

"Persela juga dikaitkan dengan Striker asal Bosnia-Herzegovina, Haris Dilaver (30)," tulis akun tersebut, Senin (03/02/20).

Akun yang kerap membahas transfer pemain sepak bola nasional itu menambahkan kalau pada musim 19-20, Dilaver bermain untuk klub kasta tertinggi liga Bosnia-Herzegovina, NK Celik Zenica.

Kontrak Haris dengan NK Celik Zenica berakhir sejak 20 Januari 2020. Padahal dirinya direkrut pada 1 Juli 2018 oleh klub tersebut alias sempat menjalani dua musim.

Para penggemar sepak bola nasional tampaknya masih asing akan sosok dari Dilaver. Maka dari itu tak ada salahnya untuk menyimak fakta menarik tentang sang pemain.

1. Striker Subur

© Instagram/@dilavenharis
Penyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan. Copyright: Instagram/@dilavenharisPenyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan.

Fakta menarik pertama memperlihatkan kalau Haris Dilaver merupakan striker yang cukup subur. Hal itu diketahui kala dirinya berkarier di benua Eropa.

Ketika membela klub Bosnia-Herzegovina, Celik Zenica dalam beberapa musim (2009-12, 2016/17, dan 2018-20), Haris mencetak 20 gol total 97 penampilan.

Lalu ketika dikontrak Mladost Kakanj (Bosnia-Herzegovina), Haris mengemas 18 gol dalam beberapa edisi seperti 2015/16 dan 2017/18.

Saat membela NK Vitez (Bosnia-Herzegovina), Haris juga sempat membuat dua gol dari 21 penampilannya di seluruh kompetisi pada musim 2013-14.

2. Multi Posisi

© Instagram/@daliverharis
Penyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan. Copyright: Instagram/@daliverharisPenyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan.

Fakta berikutnya menampilkan kalau Haris Dilaver ternyata merupakan pemain yang multi posisi alias bisa ditempatkan di sejumlah area depan berdasarkan laman Transfermarkt.

Meski berposisi asli sebagai striker, Haris ternyata bisa bermain sebagai winger kiri ataupun kanan. Hal ini tampaknya bisa menguntungkan Persela jika benar direkrut.

3. Harga Mahal

© Instagram/@daliverharis
Penyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan. Copyright: Instagram/@daliverharisPenyerang asal Bosnia-Herzegovina Haris Dilaver yang dirumorkan merapat ke Persela Lamongan.

Fakta terakhir menyuguhkan kalau striker berusia 29 tahun itu ternyata memiliki harga yang cukup mahal berdasarkan situs statistik pemain, Transfermarkt.

Haris diketahui memiliki nilai pasar (market value) hingga Rp4,5 miliar (300 ribu Euro) per 7 Januari 2020. Sebelumnya Haris mempunyai harga hingga Rp5,2 miliar (350 ribu Euro) per 19 Juni 2019.