Liga Indonesia

Deretan Klub Liga 1 2020 Pakai Pemain Naturalisasi: Persib Mendominasi

Selasa, 4 Februari 2020 17:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Berikut ini ada deretan klub Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain naturalisasi, dimana tim asal Jawa Barat Persib Bandung cukup mendominasi. Copyright: © INDOSPORT
Berikut ini ada deretan klub Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain naturalisasi, dimana tim asal Jawa Barat Persib Bandung cukup mendominasi.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan klub Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain naturalisasi, di mana tim asal Jawa Barat Persib Bandung cukup mendominasi.

Pada masa bursa transfer musim ini, sejumlah klub turut bergeriliya dalam mencari pemain incaran demi membawa semangat baru dalam berburu trofi Liga 1.

Selain itu klub-klub Liga 1 juga ada yang mempertahankan serta melepas pemain agar sesuai dengan keinginan sang pelatih.

Bahkan para peserta Liga 1 diperbolehkan untuk mengontrak pemain asing, dengan maksimal empat slot (tiga non-Asia dan satu dari Asia alias 3+1).

Meski begitu ada hal menarik, di mana beberapa klub dari Liga 1 kali ini mengontrak pilar-pilar yang berlabel pemain naturalisasi.

Pengertian naturalisasi ialah proses perubahan status kewarganegaraan asing menjadi warga Negara suatu Negara atau dalam hal ini warga Negara Indonesia.

Untuk menjadi WNI pun bukan hal mudah. Sebab para pemain asing harus menjalani serangkaian proses yang amat panjang guna berpindah status warga negara.

Pemain sepak bola asing yang rela melakukan naturalisasi saat ini cukup marak, tepatnya di era Liga 1 atau kasta teratas sepak bola Indonesia.

Jelang bergulirnya musim 2020, klub-klub Liga 1 ternyata juga masih mengontrak pemain berlabel naturalisasi. Lantas klub mana saja kira-kira yang paling banyak menggunakan pemain naturalisasi?

1. Bali United

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic merayakan gol pada laga Bali United vs Borneo FC di Liga 1 2019, Rabu (28/08/19). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIlija Spasojevic merayakan gol pada laga Bali United vs Borneo FC di Liga 1 2019, Rabu (28/08/19).

Bali United menjadi salah satu klub Liga 1 yang menggunakan jasa pemain asing untuk musim 2020. Bahkan ada dua nama yang dikontrak Serdadu Tridatu.

Stefano Lilipaly (asal Belanda) dan Ilija Spasojevic (kelahiran Montenegro) adalah dua pemain yang telah menjadi Warga Negara Indonesia. Kontrak keduanya diketahui berakhir pada Desember 2020.

2. Barito Putera

© Media Barito
Barito Putera resmi mendatangkan tiga pemain baru jelang Liga 1 2020. Copyright: Media BaritoBarito Putera resmi mendatangkan tiga pemain baru jelang Liga 1 2020.

Berikutnya ada Barito Putera yang juga menjadi ikut mengontrak pemain berlabel naturalisasi jelang bergulirnya pagelaran Liga 1 2020.

Pemain yang dimaksudkan ialah OK John (lahir di Nigeria) dan berposisi sebagai bek tengah. OK John akan berbakti dengan Barito Putera selama satu musim.

3. Bhayangkara FC

© medcom..id
Hariyanto Panto (dua dari kanan) berusaha merebut bola dari Herman Dzumafo. Copyright: medcom..idHariyanto Panto (dua dari kanan) berusaha merebut bola dari Herman Dzumafo.

Selanjutnya Bhayangkara FC turut serta dalam mengamankan tanda tangan pemain naturalisasi jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir.

Pemain yang dimaksudkan ialah striker Herman Dzumafo. Striker kelahiran Kamerun ini telah bermain untuk The Guardian sejak 2018 lalu.

Kabar terakhir yang beredar juga menyebutkan kalau gelandang asal Korea Selatan Yoo-joon Lee tengah menjalani proses naturaliasi.

4. Borneo FC

© Instagram@aremafcofficial
Duel pemain Pusamani Borneo, Diego Michiels dan pemain Arema, Ricky Kayame pada laga antara Pusamani Borneo vs Arema FC. Foto: Instagram@aremafcofficial Copyright: Instagram@aremafcofficialDuel pemain Pusamani Borneo, Diego Michiels dan pemain Arema, Ricky Kayame pada laga antara Pusamani Borneo vs Arema FC. Foto: Instagram@aremafcofficial

Borneo FC juga menjadi klub Liga 1 yang telah mengontrak pemain berlabel naturalisasi dalam menyambut musim 2020 mendatang.

Borneo FC memiliki Diego Michiels (lahir di Belanda) dan baru merekrut Guy Junior (asal Kamerun). Kontrak keduanya bakal berakhir pada Januari 2021 nanti.

5. Madura United

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Greg Nwokolo mencoba melewati hadangan pemain Bhayangkara FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTGreg Nwokolo mencoba melewati hadangan pemain Bhayangkara FC.

Lalu ada tim asal Jawa Timur Madura United yang juga ikut memiliki pemain naturalisasi kala mengarungi ketatnya Liga 1 2020 mendatang.

Greg Nwokolo (kelahiran Nigeria) dan Beto Goncalves (asal Brasil) adalah dua pemain yang bakal membawa Madura United bersinar pada musim 2020 nanti.

6. Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Zoubariou Garba sudah ikut latihan meski masih belum gabung tim. Rabu (29/1/20). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTZoubariou Garba sudah ikut latihan meski masih belum gabung tim. Rabu (29/1/20).

Persebaya Surabaya juga ikut mempunyai pemain dengan status naturalisasi usai bakal mengarungi panasnya pagelaran Liga 1 2020 mendatang.

Skuat yang dipimpin oleh Aji Santoso itu mendatangkan pemain kelahiran Kamerun Zoubairou Garba yang berposisi sebagai bek tengah.

7. Persib Bandung

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo.

Persib Bandung turut memakai jasa pemain naturalisasi dalam mengarungi pagelaran Liga 1 2020 mendatang. Total ada empat pemain naturalisasi yang dimiliki Persib.

Victor Igbonefo (asal Nigeria), Fabiano Beltrame (kelahiran Brasil), Kim Kurniawan (lahir di Jerman), dan Esteban Vizcarra (Argentina) adalah pemain-pemain naturalisasi yang dimaksudkan.

Kontrak keempatnya diketahui akan berakhir antara Desember 2020 atau Januari 2021 bersama Persib. Artinya Persib menjadi klub pemakai jasa pemain naturalisasi terbanyak di Liga 1 2020.

8. Persija Jakarta

© persija.id
Bek naturalisasi Otavio Dutra resmi gabung Persija Jakarta. Copyright: persija.idBek naturalisasi Otavio Dutra resmi gabung Persija Jakarta.

Persija Jakarta menjadi bagian dari peserta Liga 1 2020 yang turut mengontrak pemain dengan cap naturalisasi. Namun hanya satu pemain saja yang dimiliki.

Pemain yang dimaksudkan ialah bek tengah asal Brasil, Otavio Dutra. Mantan pemain Persebaya itu baru didaratkan Persija di bursa transfer saat ini dan kontraknya berakhir Desember 2020.

Selain itu gelandang baru, Persija Marc Klok (Belanda) juga dikabarkan proses naturalisasinya bakal segera rampung. Sehingga sang pemain bisa didaftarkan sebagai legiun lokal.

9. Persikabo

© psisfcofficial
Silvio Escobar striker PSIS Semarang Copyright: psisfcofficialSilvio Escobar, eks PSIS Semarang.

Tim asal Jawa Barat Persikabo ikut mengontrak pemain dengan label naturalisasi dalam mempersiapkan klub kala mengarungi pagelaran Liga 1 2020.

Persikabo mendaratkan Silvio Escobar (asal Paraguay) pada masa bursa transfer saat ini. Escobar diketahui telah rampung dalam urusan proses naturalisasi.

10. PSM Makassar

© INDOSPORT
Dua striker naturalisasi, Osas Saha dan Ezra Walian kemungkinan akan bertarung di lini depan PSM Makassar pada Liga 1 2020 mendatang. Copyright: INDOSPORTDua striker naturalisasi, Osas Saha dan Ezra Walian kemungkinan akan bertarung di lini depan PSM Makassar pada Liga 1 2020 mendatang.

Terakhira ada PSM Makassar yang juga memiliki pemain dengan status naturalisasi kala menyambut kompetisi paling bergengsi di Indonesia, yakni Liga 1.

PSM mempunyai Ezra Walian (asal Belanda) dan Osas Saha (kelahiran Nigeria) yang keduanya berposisi sebagai striker. Ezra dikontrak hingga 2022 sedangkan Osas hanya sampai akhir 2020.

Dari 10 klub Liga 1 2020 yang memakai jasa pemain naturalisasi tak menutup kemungkinan tim lain juga ikut mencicipi jasa mereka, lantaran pemain asing yang berstatus WNI cukup bertebaran di Tanah Air.

1