Liga Indonesia

Irsyad Maulana Harus Absen Perkuat PSM Makassar Hingga Awal Maret 2020

Selasa, 4 Februari 2020 23:34 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Irsyad Maulana harus dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan di hidungnya usai benturan dengan pemain belakang Lalenok United yg juga menghasilkan gol ke-3 bagi PSM. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Irsyad Maulana harus dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan di hidungnya usai benturan dengan pemain belakang Lalenok United yg juga menghasilkan gol ke-3 bagi PSM.

INDOSPORT.COM - Kabar buruk menimpa klub Liga 1, PSM Makassar, yang harus ditinggal Irsyad Maulana hingga awal Maret 2020 nanti.

Pesepakbola berposisi sebagai penyerang sayap tersebut menderita patah tulang hidung, saat melawan klub Timor Leste, Lalenok United di leg kedua play-off Piala AFC 2020, di Stadion Pakansari, pada Rabu (29/01/20).

Irsyad mendapatkan cederanya dimenit ke-85. Saat itu, eks Semen Padang tersebut melompat diudara untuk menyambut umpan silang manja dari Zulkifli Syukur.

Dirinya sukses menyambut bola hasil umpan silang, dan melepaskan sundulan yang merobek jala gawang Lalenok United.

Sayang, Irsyad tak bisa melakukan selebrasi dan justru harus terkapar di atas lapangan dengan darah yang bercucuran di wajahnya.

Rupanya, Irsyad mendapatkan terjangan dari kepala pemain belakang Lalenok United, Zacarius Carlos Cabral, yang membuatnya terkapar. Ia pun dengan sigap ditangani oleh tim medis, dan ditarik keluar digantikan oleh Rasyid Bakri.

Setelah itu, Irsyad langsung dilarikan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif. Sampai pada akhirnya, pesepakbola berusia 26 tahun tersebut divonis menderita patah tulang hidung dan perlu menjalani operasi.

"Irsyad sudah dioperasi dan kondisinya semakin membaik. Tapi dia masih di rumah sakit dan hari ini dilakukan pengecekan lagi. Dokter PSM juga tetap memantau perkembangan dan akan melihat langsung kondisi Irsyad di Jakarta tanggal 5 nanti," ungkap Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim kepada INDOSPORT.

"Belum ada perkembangan soal sampai kapan dia baru bisa bergabung latihan. Fokus tim dokter PSM sekarang adalah bagaimana Irsyad dirawat dulu di rumah sakit. Setelah keluar, baru bisa dilihat berapa lama Irsyad harus beristirahat," tambahnya.

Terpisah, pelatih Bojan Hodak mengatakan kalau Irsyad akan absen hingga awal Maret 2020 nanti. Itu artinya, ia akan melewatkan dua laga diajang Piala AFC 2020 melawan Tampines Rovers, dan Shan United serta laga pembuka Liga 1 2020 melawan PSS Sleman, Minggu (01/03/20).

"Irsyad Maulana terlihat semakin membaik dibandingkan sebelumnya. Istrinya bilang kalau dia terlihat lebih gagah dan dokter juga melakukan kerja yang baik. Tapi satu yang pasti, kami harus menunggu dia selama tiga sampai empat pekan untuk kembali," kata Hodak.

Sejak diperkenalkan sebagai rekrutan anyar PSM Makassar, Jumat (10/01/20) lalu, Irsyad langsung menjadi andalan Hodak. Pada dua leg play-off Piala AFC 2020, Irsyad tampi sebagai pemain inti dan mampu mencatatkan satu gol dan dua assist melawan Lalenok United.