Liga Indonesia

Upaya PSSI Dalam Membina Suporter Sepak Bola

Selasa, 4 Februari 2020 05:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI telah membentuk Divisi Pembinaan Suporter untuk bersinergi dengan semua komponen guna menciptakan sepak bola Indonesia yang lebih baik. Karenanya, PSSI mencanangkan program pembinaan suporter.

Sebagai langkah awal, PSSI telah bertemu dan berdiskusi dengan beberapa tokoh, dan pengelola komunitas suporter Persib Bandung di Bandung pekan lalu.

Hasilnya, ada beberapa rencana kegiatan, diantaranya melalui kegiatan edukasi regulasi terkait suporter. Selain itu, kegiatan Sarasehan atau pertemuan.

Hal itu guna bertukar ide dan memaparkan kegiatan sosial-budaya di masing-masing komunitas, lalu ada rencana kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan anggota.

Kegiatan sosial yang melibatkan suporter, serta kegiatan semangat persatuan Indonesia, diantaranya melalui kegiatan donor darah dari para suporter dengan tajuk One Blood One Nation.

"Kami juga merencanakan kegiatan yang melibatkan komunitas suporter dengan jumlah yang lebih besar dan masif seperti kegiatan Jambore Suporter dan kegiatan Suporter Day," kata ketua Divisi Pembinaan Suporter, Budiman Dalimunthe.

"Diskusi terkait ini sebelumnya juga sudah kita laksanakan di Jakarta dengan suporter Timnas dan Suporter Persija Jakarta. Insya Allah akan berlanjut ke daerah lainnya," imbuhnya.

Menurut ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, pembentukan divisi pembinaan suporter diperlukan untuk menjembatani komunikasi antara PSSI dengan suporter di Indonesia.

Diharapkan, divisi tersebut juga mencegah adanya keributan yang sering terjadi di dalam ataupun di luar stadion.