Liga Indonesia

Robert Alberts Sambut Positif Dihapusnya Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

Rabu, 5 Februari 2020 17:19 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menyambut positif regulasi pemain yang dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kompetisi Liga 1 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menyambut positif regulasi pemain yang dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kompetisi Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menyambut positif regulasi pemain yang dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kompetisi sepak bola Liga 1 2020.

Regulasi yang baru pada musim ini yakni bertambahnya kuota pemain dari 30 menjadi 33. Selain itu, tim peserta Liga 1 2020 tidak diwajibkan mengontrak tujuh pemain U-23, seperti pada musim sebelumnya.

Menurut Robert Alberts, dengan dihapusnya regulasi pemain U-23, pemain muda bisa leluasa mencari klub untuk mematangkan kemampuannya, sebelum berlaga di kompetisi tertinggi sepak bola nasional.

"Ini hal yang positif, keputusan yang bagus. Jadi sekarang pemain U-23 tidak harus diwajibkan untuk kami kontrak dan mereka bisa bermain untuk klub lain, untuk melanjutkan perkembangan kemampuan mereka," kata Robert Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (05/02/2020). 

Robert Alberts menambahkan, pemain muda bisa bermain dulu di Liga 2 bahkan Liga 3 minimal satu musim, untuk mendapat menit bermain dan pengalaman. Sehingga, saat memperkuat tim Liga 1, mereka sudah dalam kondisi siap tempur.

"Ini bagus untuk talenta muda supaya mereka lebih dulu bermain di divisi dua setidaknya satu musim, atau bahkan di divisi tiga dan mereka akan berkembang. Karena tentu di sana mereka akan terus bermain dan ketika mereka siap mereka bisa kembali ke tim utama, bagus," jelasnya.

Meski ada perubahan kuota pemain untuk Liga 1 2020, Robert Alberts belum bisa memastikan jumlah pemain yang akan didaftarkan ke PT LIB, karena akan dibahas lebih dulu bersama jajaran manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

"Itu masih harus saya diskusikan dengan manajemen karena ini kabar yang baru. Saat ini kami sudah mempunyai 30 pemain dan itu termasuk angka yang besar," ucapnya.

"Normalnya memang setiap tim mempunyai 30 pemain sebagai klub profesional, ada tim utama dan tim kedua, dan tim kedua juga harus bermain. Ketika pemain tim kedua tidak bisa bermain, saya mencarikan banyak pemain satu tim lagi. Dan juga akan terlalu mahal bagi sebuah tim," ungkapnya.

Sementara itu, Persib sudah mendatangkan empat pemain lokal anyar untuk musim 2020, yakni Beni Oktovianto, Victor Igbonefo, Teja Paku Alam dan Zulham Zamrun.

Selain itu, Maung Bandung masih menyeleksi dua legiun asing, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion untuk mengisi lini depan jelang Liga 1 2020. 

1