Liga Indonesia

Profil Muhammad Adi Satryo, Kiper Muda PSMS Medan yang Tembus Timnas Indonesia Racikan Shin Tae-yong

Jumat, 7 Februari 2020 22:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Muhammad Adi Satryo, nama kiper PSMS Medan ini membuat kejutan setelah berhasil menembus Timnas Indonesia level senior racikan Shin Tae-yong.

Tepat hari Jumat (07/02/20) ini, pengumuman soal 34 nama pemain yang dipanggil Timnas Indonesia akhirnya telah resmi dirilis. Kesemua sosok yang dipanggil, nantinya bakal mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia bersama sang juru taktik anyar, Shin Tae-yong, mulai 9-16 Februari mendatang.

Komposisi skuat Timnas Indonesia yang dipanggil kali ini, tampak mengandalkan perpaduan antara pemain berpengalaman dan para bintang muda. Buktinya saja, ada beberapa nama hasil jebolan Timnas Indonesia U-19 serta Timnas Indonesia U-23 yang turut dipanggil Shin Tae-yong.

Soal pemain muda Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong, rasanya akan sangat tepat bila mengulas kiper bernama Muhammad Adi Satryo. Sosoknya terlihat menyelip sendirian di antara tiga kiper top lainnya, Andritany Ardhiyasa, Muhammad Riyandi, dan Nadeo Arga Winata.

Muhammad Adi Satryo merupakan kiper yang masih sangat muda. Bayangkan saja, usianya kini baru menginjak angka 18 tahun, namun dirinya sudah bisa bersaing dengan nama-nama kiper yang lebih senior tadi.

Karier Muhammad Adi Satryo sendiri kini tengah dilalui bersama klub Liga 2, PSMS Medan. Muhammad Adi Satryo tercatat resmi menjadi bagian skuat PSMS Medan sejak awal Januari 2020 lalu.

Terlihat kian menarik, lantaran Muhammad Adi Satryo adalah satu-satunya pemain Liga 2 yang ada di skuat Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong. Muhammad Adi Satryo seakan menjadi representasi bahwa kiper muda dari kasta kedua juga bisa bersaing menembus Skuat Garuda.

Secara prestasi, karier Muhammad Adi Satryo sebenarnya tak langsung berjalan mulus. Ia pernah merasakan gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri.

“Dulu waktu zamannya dipimpin oleh Coach Indra Sjafri, saya pernah ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, ikut seleksi pertama, tapi saya kalah saing,” kenangnya khusus kepada INDOSPORT.

Namun Muhammad Adi Satryo tidak langsung menyerah dan tetap berjuang. Hingga akhirnya pada ajang Piala AFF U-18 2019, Muhammad Adi Satryo berhasil menjadi kiper utama Timnas Indonesia U-18 dan meraih juara tiga.

Muhammad Adi Satryo sebenarnya sudah tak asing lagi dengan sosok Sin Tae-yong, pelatih yang akan membesutnya di Timnas Indonesia. Beberapa waktu lalu, Muhammad Adi Satryo baru saja mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 yang diracik pula oleh Shin Tae-yong.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal profil singkat Muhammad Adi Satryo, kiper muda PSMS yang berhasil menembus Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong. Tinggal kita nantikan saja, apakah kelangsungan Muhammad Adi Satryo di Timnas Indonesia bisa berjalan mulus?