Liga Indonesia

PSM Makassar Minta Restu PSSI Tarik 3 Pemainnya dari TC Timnas Indonesia

Sabtu, 8 Februari 2020 15:32 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Bek sayap kanan klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, salah satu yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Bek sayap kanan klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, salah satu yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 PSM Makassar meminta restu PSSI untuk bisa menarik tiga pemainnya dari pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Ketiga pemain tersebut ialah Asnawi Mangkualam, Firza Andika, dan Rizky Eka Pratama.

Timnas Indonesia di bawah racikan pelatih anyar Shin Tae-yong bakal menggelar TC pada 9-17 Februari di Jakarta. Agenda tersebut sebagai persiapan mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2020 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab pada Maret nanti.

Shin Tae-yong memanggil sebanyak 34 pemain untuk mengikuti TC. Dalam daftar tersebut, turut serta tiga penggawa belia Pasukan Ramang yang diproyeksikan masuk ke dalam skuat inti pelatih Bojan Hodak pada musim 2020 ini.

Namun, PSM bakal menarik ketiganya dari TC untuk beberapa hari. Sebab, klub berlogo perahu pinisi ini bakal memainkan laga perdana penyisihan Grup H Piala AFC 2020 melawan Tampines Rovers di Jalan Besar Stadium, Singapura, Rabu (12/02/20) mendatang.

"Tentu pemain akan sangat bangga jika membela timnas. Tapi pada saat yang sama, PSSI juga tentu ingin melihat klub Indonesia meraih hasil yang baik di ajang Piala AFC," ungkap pelatih PSM, Bojan Hodak, Sabtu (08/02/20).

"Jadi, PSSI harusnya mengizinkan mereka bertiga untuk kembali ke PSM selama dua atau tiga hari. Hal ini normal dan saya pikir ini juga merupakan solusi terbaik untuk PSM, PSSI, dan ketiga pemain kami," tambah Hodak lagi.

Bagi Asnawi, Firza, dan Rizky Eka, pemanggilan mengikuti TC Timnas Indonesia merupakan yang pertama kalinya untuk level senior. Sebelumnya, mereka bertiga hanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia junior.

Bahkan, Asnawi dan Firza menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-23 dan U-19. Sementara itu, Rizky Eka sempat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia All Star U-20 untuk mengikuti turnamen di Bali pada Desember 2019 lalu.