Liga Indonesia

3 Pemain Asing Termahal Liga 1 2020 yang Harganya Anjlok di Pasar Bursa Transfer

Senin, 10 Februari 2020 07:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Beberapa pemain asing termahal Liga 1 2020, diketahui ada yang harganya anjlok di pasar bursa transfer, termasuk Ezechiel N'Douassel. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Beberapa pemain asing termahal Liga 1 2020, diketahui ada yang harganya anjlok di pasar bursa transfer, termasuk Ezechiel N'Douassel.

INDOSPORT. COM - Beberapa pemain asing termahal Liga 1 2020, diketahui ada yang harganya anjlok di pasar bursa transfer.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2020, memang sedang memasuki masa bursa transfer pramusim. Klub-klub peserta berusaha mendatangkan pemain incarannya, demi mendapatkan komposisi skuat terbaik.

Pergerakan transfer pemain Liga 1 2020 ternyata turut dihiasi oleh sebuah fakta menarik. Ada beberapa pemain asing termahal Liga 1 2020 yang harganya anjlok di pasar bursa transfer. 

Uniknya, pemain-pemain asing tersebut merupakan muka lama Liga 1. Mereka sudah beberapa musim di Indonesia, dan harganya mengalami penurunan ketimbang saat pertama kali datang dulu.

Siapakah nama para pemain asing yang harganya anjlok di pasar bursa transfer? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam ulasan berikut.

Brwa Nouri

© Instagram.combrwanouri
Gelandang Bali United, Brwa Nouri saat berselebrasi mencetak gol. Copyright: Instagram.combrwanouriGelandang Bali United, Brwa Nouri saat berselebrasi mencetak gol.

Brwa Nouri merupakan pemain asing asal Irak yang bermain untuk klub Liga 1 2020, Bali United. Gelandang bertahan berusia 33 tahun itu sudah memperkuat Bali United sejak tahun 2018 lalu.

Menurut data Transfermarkt, harga Brwa Nouri saat pertama kali datang ke Bali United menyentuh angka 800 ribu euro atau Rp11,9 miliar. Berbeda dengan sekarang, harga Nouri menurun menjadi 600 ribu euro atau Rp9,7 miliar.

Meski begitu, Nouri ternyata tetap bisa merajai daftar harga pemain Liga 1 2020. Ia masih tercatat sebagai pemain termahal, mengalahkan penggawa Persija Jakarta, Marko Simic, yang ada di peringkat kedua dengan harga 550 ribu euro atau Rp8,2 miliar.

Jaimerson

© instagram.com/maduraunited.fc
Jaimerson berlatih bersama skuat Madura United jelang hadapi Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Jumat (08/03/19). Copyright: instagram.com/maduraunited.fcJaimerson berlatih bersama skuat Madura United jelang hadapi Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Jumat (08/03/19).

Jaimerson merupakan bek tengah asing yang dimiliki oleh klub Liga 1 2020, Madura United. Ia bermain membela Madura United sejak tahun 2019 lalu.

Namun, Madura United bukanlah klub pertama Jaimerson di Indonesia. Jaimerson mengawali karier dengan membela Persija Jakarta pada Liga 1 2018 lalu.

Ketika pertama kali datang ke Persija Jakarta, harga Jaimerson menyentuh angka 700 ribu euro atau Rp10,4 miliar. Angka itu sekarang sudah menurun sampai 475 ribu euro atau Rp7,1 miliar.

Meski begitu, Jaimerson masih masuk ke dalam kategori pemain termahal Liga 1 2020. Transfermarkt mencatat bahwa nama Jaimerson duduk di peringkat empat deretan pemain termahal kompetisi.

Ezechiel N'Douassel

Ezechiel N

Ezechiel N'Douassel menjalani debut di Indonesia saat bermain untuk Persib Bandung pada Liga 1 2017 lalu. Sosoknya pun hingga kini masih betah berkarier menghiasi sepak bola Tanah Air, bedanya musim depan Ezechiel akan membela Bhayangkara FC.

Berposisi sebagai penyerang, Ezechiel tergolong memiliki kualitas menjanjikan. Buktinya saja ketika pertama kali datang, harga Ezechiel mampu menyentuh angka 650 ribu euro atau Rp9,7 miliar.

Sayangnya, kini harga Ezechiel di pasar bursa transfer telah mengalami penurunan. Harganya saat ini anjlok hingga ke angka 475 ribu euro atau Rp7,1 miliar.

Meski turun drastis, Ezechiel tetap mampu menjadi anggota papan atas pemain termahal Liga 1 2020. Transfermarkt mencatat Ezechiel berada di urutan keenam daftar pemain termahal kompetisi.