Liga Indonesia

Beberapa Pelatih Klub Liga 1 Kontra dengan Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia?

Senin, 10 Februari 2020 21:17 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Langkah Shin Tae-yong menjadi pelatih baru Timnas Indonesia senior sepertinya akan berat karena beberapa pelatih Liga 1 2020 kontra atau menentang?

Saat ini ada tiga pelatih Liga 1 2020 yang mengaku kesal dengan pemanggilan 34 pemain Timnas Indonesia untuk melakukan pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Mereka yaitu pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, Stefano Cugurra Teco (Bali United), dan Jacksen F.Tiago (Persipura Jayapura).

Robert Rene Alberts mengaku kalau ia tidak setuju dengan pemanggilan beberapa pemain Persib termasuk Febri Hariyadi ke Timnas Indonesia.

Hal itu karena waktu pemusatan latihan tidak masuk kalender FIFA, dan Persib Bandung sedang menjalani persiapan kompetisi Liga 1 2020.

"Ada banyak pelatih yang tidak setuju dengan pemanggilan ini karena bukan kalender FIFA. Dan setiap tim juga sedang bersiap menghadapi kompetisi baru, jadi setiap pemain harus ada di sana," kata Robert, Senin (10/2/20) seperti dilansir dari Antara.

Yang kedua, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F.Tiago, malah berharap Shin Tae-yong tidak melirik pemain Mutiara Hitam.

Karena bila ada pemain yang dipanggil ke Timnas, Persipura akan mengalami kerugian selain menjadi tim musafir.

"Semoga tidak ada pemain yang diundang, biar pemain kita bisa fokus di tim saja, karena kita sudah main di luar kandang," ujar Jacksen.

"Kalau pemain kita diambil lagi untuk memperkuat Timnas Indonesia terus menerus pasti kita akan tambah susah, dan jadi rugi untuk kita," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, juga menentang pemanggilan 8 pemain Serdadu Tridatu ke Timnas.

Hal itu dikarenakan Bali United saat ini sedang fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi laga perdana Piala AFC 2020.

"Informasi itu datang pada saat yang salah ketika saya harus memberi tahu para pemain saya untuk mempersiapkan diri mereka untuk pertandingan yang sangat penting. Dengan kata lain, itu mengganggu tim saya," kata Teco.

Akhirnya Shin Tae-yong pun sempat mengalah dan TC yang harusnya digelar pada Minggu (9/2/20) kemarin diundur menjadi Jumat (14/2/20) mendatang.