Liga Indonesia

Sering Gelar Hajatan Olahraga, Jakabaring Kandidat Kuat Venue Piala Dunia U-20?

Rabu, 12 Februari 2020 17:25 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Stadion Gelora Sriwijaya, khususnya Jakabaring Sport City, diketahui sudah berpengalaman menggelar hajatan olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Stadion Gelora Sriwijaya, khususnya Jakabaring Sport City, diketahui sudah berpengalaman menggelar hajatan olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional.

INDOSPORT.COM - Stadion Gelora Sriwijaya, khususnya Jakabaring Sport City, diketahui sudah berpengalaman menggelar hajatan olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional.

Kompleks seluas 325 hektar ini pernah menjadi tuan rumah PON 2004, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, ASEAN University Games 2014, dan Asian Games 2018.

Namun, stadion yang belakangan masuk dalam salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20 2021 ini dinilai masih memerlukan beberapa perbaikan di area fasilitas. Begitulah kira-kira masukan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ketika meninjau Jakabaring, Selasa (11/2/20).

“Secara umum, perlu perbaikan di lapangan penunjang, misalnya ukuran dan posisi lapangan harus standar, serta lampu dan kelengkapan kamar ganti maupun ruangan konferensi pers,” kata Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Khusus untuk sepak bola, Jakabaring sempat menjadi tuan rumah bersama Jakarta dalam gelaran Piala AFC, Liga Champions Asia, Frenz U-18 Internasional Cup 2015, AFF U-16 putri 2018, sepak bola putri Asian Games 2018, dll. 

“Kelebihan kami adalah memiliki infrastruktur olahraga berkelas serta pengalaman mengelola event internasional. Sekarang tinggal bagaimana memelihara prasarana itu, antara lain dengan sering-sering menggelar kegiatan di sini,” kata Herman Deru.

Stadion Utama Jakabaring dinilai sudah memenuhi syarat. Semua kursi sudah single seat, begitu pula kualitas rumput zoysia matrella yang sudah sangat memadai.

Ada pun lapangan pendukung yang ditinjau antara lain empat lapangan di Kompleks Jakabaring, masing-masing dua lapangan atletik, serta lapangan baseball dan panahan. Satu fasilitas berikutnya tentu saja Stadion Bumi Sriwijaya di pusat Kota Palembang.

Penentuan enam kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 akan diputuskan FIFA dan PSSI, April mendatang. Selanjutnya, Iwan Bule diagendakan meninjau provinsi lain yang juga dicalonkan sebagai venue, yakni Riau dan Bali.