Bola Internasional

2 Wanita Cantik Masuk dalam Nominasi Pemain Terbaik Tahun ini

Kamis, 13 Februari 2020 12:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Marla Aufmuth/Getty Images for Texas Conference for Women 2019
Megan Rapinoe, pesepakbola wanita Timnas Amerika Serikat. Copyright: © Marla Aufmuth/Getty Images for Texas Conference for Women 2019
Megan Rapinoe, pesepakbola wanita Timnas Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Megan Rapinoe dan Julie Ertz merupakan pemain tim nasional wanita Amerika Serikat yang meraih gelar juara di Piala Dunia Wanita 2019. Mereka dinobatkan menjadi salah satu dari lima kandidat nominasi untuk penghargaan Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik versi BBC.

Selain Megan Rapinoe dan Julie Ertz, ada juga pemain bek Inggris Lucy Bronze, pemain depan Belanda Vivianne Miedema, dan pemain Australia Sam Kerr yang masuk nominasi Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik versi BBC.

Tahun 2019 menjadi tahun terbaik Rapinoe, di mana ia mendapatkan gelar juara Piala Dunia Wanita 2019, bahkan Rapinoe juga mendapatkan piala Golden Boot (sepatus emas) dan Golden Ball (bola emas) di ajang Piala Dunia Wanita 2019.

Setelah mengantarkan Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita 2019, ia pun meraih penghargaan Ballon d’Or 2019 yang mengalahkan pemain Inggris, Lucy Bronze dan rekan setimnya, Alex Morgan.

Megan Rapinoe termasuk pendukung hak-hak LGBT dan upah setara terhadap wanita. Ia menjadi salah satu bagian dari tim yang menggugat sepak bola AS tahun lalu karena diskriminasi gender.

Rapinoe mengungkapkan sebuah pernyataan ketika diwawancarai oleh media. "Ini sangat keren, sangat istimewa," kata Rapinoe dalam sebuah pernyataan.

"Saya merasa seperti dalam banyak hal saya mewakili apa yang diperjuangkan seluruh tim, setiap tim di Piala Dunia rasanya seperti kita semua berada di tim yang sama berjuang untuk sesuatu yang lebih besar."

Pemain Chicago Red Stars, Julie Ertz juga berperan penting di tim nasional Amerika Serikat ketika meraih gelar juara Piala Dunia Wanita 2019. Dari performanya di Piala Dunia 2019, ia terpilih menjadi Pemain Terbaik Wanita Amerika Serikat 2019.

Bek Inggris, Lucy Bronze pernah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Wanita 2018 versi BBC. Bronze membawa tim nasional Inggris ke semifinal Piala Dunia dan memenangkan Liga Champions bersama Olympique Lyon.

Rekrutan baru tim wanita Chelsea, Sam Kerr menjadi pemain pertama wanita yang dapat mencetak hat-trick di Piala Dunia Senior. Sedangkan pemain depan Belanda Vivianne Miedema pencetak gol terbanyak untuk tim wanita Arsenal, dan meraih gelar juara Liga Super FA  musim lalu.

Penulis: Tesa Yohana