Liga Indonesia

Jalan Liku Tira Persikabo Ubah Identitas jadi Persikabo 1973, Ini Penjelasannya

Minggu, 16 Februari 2020 15:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Tira Persikabo akhirnya resmi berganti nama. Kini nama mereka menjadi Persikabo 1973 dan telah sah dalam Kongres Tahunan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jabar. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Tira Persikabo akhirnya resmi berganti nama. Kini nama mereka menjadi Persikabo 1973 dan telah sah dalam Kongres Tahunan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jabar.

INDOSPORT.COM - Tira Persikabo akhirnya resmi berganti nama. Kini nama mereka menjadi Persikabo 1973 dan telah disahkan dalam Kongres Tahunan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat.

Perubahan nama ini pun tentu sempat menjadi pertanyaan. Sebab sebelumnya permohonan pergantian nama Tira Persikabo tidak disahkan dalam Kongres Tahunan PSSI, Januari kemarin.

Melalui Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo, Rhendie Arindra menjabarkan akan runutan proses pergantian nama ini. Baginya hal ini sudah melalui persetujuan oleh Ketua Umum PSSI, Mochmad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI.

Rhendie menjelaskan bahwa saat Kongres Tahunan PSSI, Ketua Umum (Ketum) Mochamad Iriawan menyarankan agar bersurat kepada Apsrov Jabar untuk meminta izin pergantian nama. Nantinya, Asprov Jabar akan mengesahkannya atau tidak di kongres tahunan.

"Sebenarnya, ini rangkaian sejak akhir tahun lalu yang ketika itu kami mengajukan perubahan nama untuk ditetapkan di kongres tahunan PSSI," ujar Rhendie Arindra.

"Waktu kongres tahunan PSSI, Pak Iriawan bilang bahwa untuk tahun ini, mekanismenya harus melalui jalur Asprov PSSI Jabar lebih dulu karena TIRA-Persikabo bermarkas di Kabupaten Bogor," tambahnya.

Rhendie menambahkan, nantinya perubahan nama ini akan dilaporkan ke Exco PSSI. Setelah  itu Exco akan mengesahkan dan rangkaian perubahan identitas ini akan selesai.

"Di Exco PSSI, biasanya hanya stempel dan mekanismenya sudah selesai. Sebab kewenangan ada di klub dan Asprov PSSI. Jadi semua syarat kami sudah jalani. Jadi mudah-mudahan di Exco PSSI sesuai dengan yang ditetapkan Asprov PSSI Jabar. Saya juga tak tahu bagaimana teknis di Exco PSSI, tapi itu tahapan yang harus dijalani dan kami ikuti saja," terangnya.

Tak hanya TIRA-Persikabo, Kongres Tahunan Asprov Jabar juga menyetujui pergantian nama dua tim lainnya, yaitu Football Plus yang menjadi Inspire, serta Blitar United yang kini berititel Bandung United.