Liga Indonesia

Termasuk Arema FC, 3 Klub Liga 1 Miliki Sektor Belakang Fantastis

Minggu, 16 Februari 2020 20:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 klub Liga 1 2020 yang memiliki sektor belakang cukup fantastis perihal total harga pasar (market value) termasuk Arema FC di dalamnya. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 klub Liga 1 2020 yang memiliki sektor belakang cukup fantastis perihal total harga pasar (market value) termasuk Arema FC di dalamnya.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 klub Liga 1 2020 yang memiliki sektor belakang cukup fantastis perihal total harga pasar (market value) termasuk Arema FC di dalamnya.

Ajang Liga 1 musim ini tinggal menunggu waktu saja untuk digulirkan. Sebab operator kompetisi menetapkan 29 Februari sebagai laga perdana dimulai.

Seluruh peserta Liga 1 2020 sudah berburu pemain incaran mereka guna bisa bertarung untuk musim ini, termasuk di antaranya ialah legiun asing.

Usai mendapatkan pemain-pemain sesuai kriteria kepala pelatih, kini sejumlah klub tengah melakukan serangkaian uji coba guna memantapkan skema yang ada.

Menariknya, pada masa bursa transfer, terdapat tiga nama klub dengan status sektor belakang cukup fantastis perihal total nilai pasar para pemain.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk mengetahui siapa saja klub-klub Liga 1 yang memiliki harga transfer sektor belakang cukup fantastis?

1. Bhayangkara FC

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Bhayangkara FC Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Bhayangkara FC.

Bhayangkara FC menatap kompetisi Liga 1 2020 dengan menambah amunisi cukup krusial, tepatnya sektor belakang. Hal ini tak lepas dari rekomendasi kepala pelatih Paul Munster.

Demi memperkokoh kekuatan lini belakang, Bhayangkara FC sukses mendaratkan Won-jae Lee, Ruben Sanadi, hingga Achmad Jufriyanto.

Ketiga pemain ini akan saling menguatkan dengan penggawa yang lama, dimana telah diisi oleh Indra Kahfi, Jajang Mulyana, sampai Nurhidayat.

Berdasarkan data dari situs statistik Transfermarkt kalau sektor belakang Bhayangkara FC menembus angka Rp21,1 miliar (1,45 juta Euro).

2. Arema FC

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Tim Arema FC saat menjalani latihan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTTim Arema FC saat menjalani latihan.

Berikutnya ada klub asal Jawa Timur, yakni Arema FC yang juga memiliki total harga transfer sektor belakang cukup fantastis sejauh ini.

Sektor belakang Arema FC turut banyak mendatangkan nama baru seperti Bagas Adi (selesai masa peminjaman), Nurdiansyah, Matias Malvino (Uruguay), hingga Ganjar Mukti.

Selain itu ada pula nama baru yang dipromosikan ke tim utama macam Aji Saka. Bahkan para pemain ini akan saling bekerja keras bersama Johan Alfarizi sampai Alfin Tuasalamony.

Diketahui kalau total nilai pasar sederet sektor belakang Arema FC menembus angka hingga Rp23 miliar (1,58 juta Euro) menurut catatan Transfermarkt.

3. Bali United

© Ofisial Bali United
Bali United vs Tan Quang Ninh Copyright: Ofisial Bali UnitedBali United vs Tan Quang Ninh.

Terakhir ada juara Liga 1 2019 Bali United yang pada musim ini sektor belakang mereka tak banyak mengalami perombakan besar-besaran.

Serdadu Tridatu hanya menambah Gavin Kwan Adsit saja yang direkrut dari Barito Putera. Maka tak perlu adaptasi lagi bagi para pemain lama karena pelatih mereka juga tak dilepas.

Sejauh ini total nilai transfer sektor belakang BalI United menembus angka sampai Rp26,7 miliar (1,83 juta euro) berdasarkan data Transfermarkt.

Meski demikian, diingatkan dengan jelas, jumlah dari deretan sektor belakang tiga klub barusan (serta tim-tim Liga 1 2020) tak bisa menjadi patokan pasti.

Sebab nilai kontrak para penggawa hanya diketahui oleh si pemain itu sendiri dan juga klub.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%