Liga Indonesia

Sidak, PT LIB Sebut Tak Banyak Perubahan di Stadion Andi Mattalatta

Senin, 17 Februari 2020 17:35 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Stadion Andi Mattalatta milik klub Liga 1 2020, PSM Makassar. Copyright: © Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Stadion Andi Mattalatta milik klub Liga 1 2020, PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Operator Liga 1 2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB), mulai mengirim utusan untuk meninjau stadion milik 18 klub. Terkini, Tim Verifikator PT LIB menyebut tidak banyak perubahan perbaikan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Markas milik klub legendaris PSM Makassar tersebut menjadi stadion kesekian yang diverifikasi. Ada pun PT LIB mengirim Somad dan Tri Budiarto untuk meninjau Stadion Andi Mattalatta alias Mattoangin.

"Kami sudah meninjau ruang ganti Stadion Andi Mattalatta. Secara fisik, kelengkapannya sudah cukup. Hanya saja, masih ada beberapa fasilitas pendukung yang tak berfungsi," ungkap Somad kepada awak media olahraga Makassar, Minggu (16/2/20).

Somad menambahkan, salah satu aspek yang paling mereka sorot ialah kebersihan Stadion Andi Mattalatta. Menurutnya, pihak PSM Makassar maupun pengelola stadion yang diresmikan pada tahun 1957 ini tetap menjaga sekali pun kompetisi Liga 1 sedang libur.

"Stadion ini kan aset pemerintah untuk sepak bola. Tentu pemain dan penonton harus nyaman saat menghadiri sebuah laga. Jadi kebersihan harus tetap terjaga meski kompetisi sedang libur," tambah Somad.

Selain itu, Somad meminta pihak PSM untuk melakukan perbaikan di beberapa titik seperti ruangan medis, wasit, pengawas pertandingan, broadcaster, dsb. Bahkan, ia menyebut tidak banyak perbaikan yang terjadi di Stadion Andi Mattalatta.

"Mungkin panpel PSM kurang memahami manualnya. Sehingga mereka dan pengelola harus segera berkolaborasi untuk bisa melengkapi standar stadion ini meskipun usianya sudah sangat tua," pinta Somad.

"Belum ada perubahan signifikan yang dilakukan oleh panpel PSM dan pengelola Stadion Andi Mattalatta. Hampir serupa musim lalu, tapi saya senang karena sekarang sudah ada musala di VIP Utara dan Selatan," tandas dia.

PT LIB rencananya akan merampungkan verifikasi terhadap 18 stadion milik klub peserta Liga 1 2020 pada 24 Februari mendatang. Setelah itu, mereka akan menentukan kelayakan seluruh venue untuk menggelar laga, termasuk Stadion Andi Mattalatta alias Mattoangin.