Liga Indonesia

Nadeo Ungkap Kemampuan Terselubung Pelatih Kiper Timnas Indonesia

Selasa, 18 Februari 2020 20:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinara mengatakan, pelatih Shin Tae-yong punya kriteria khusus untuk dapat menjadi penjaga gawang utama. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinara mengatakan, pelatih Shin Tae-yong punya kriteria khusus untuk dapat menjadi penjaga gawang utama.

INDOSPORT.COM - Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinara mengatakan, pelatih Shin Tae-yong punya kriteria khusus untuk dapat menjadi penjaga gawang utama.

Pelatih asal Korea Selatan itu ingin anak asuhnya punya skill dan fisik yang mumpuni, sehingga diberi latihan tambahan selama 30 menit.

Bagi Nadeo, porsi latihan lebih yang diberikan tim pelatih Timnas Indonesia, bukan untuk meminimalisir blunder saat pertandingan, melainkan untuk meningkatkan kemampuan secara keseluruhan.

"Yang saya tahu, dia ingin kualitas kiper Indonesia meningkat, ditunjang dengan fisik yang bagus," tutur Nadeo.

"Saya rasa setiap kiper pernah (blunder) ya. Saya juga pernah dan kiper-kiper dunia juga pernah dan itu jadi bahan evaluasi kita sendiri agar memperbaiki kesalahan kita," imbuhnya.

Lebih lanjut, penjaga gawang Bali United itu pun terkesan dengan asisten Shin Tae-yong atau Kim Hae-woon (pelatih kiper) yang dinilai memiliki kemampuan spesial meski tak bisa berkomunikasi dengan lancar dengan pemain. Hal itu pun membuatnya semakin semangat untuk menjalani latihan dan menampilkan kemampuan terbaik.

"Nah (komunikasi) ini yang menarik, soalnya pelatih kiper yang sekarang berpengalaman. Meski ada translator, dia juga membaca bahasa tubuh kami dan dia bisa menyampaikan semaksimal mungkin. Jadi saya rasa sangat menarik," imbuh Nadeo.

Selain Nadeo, Shin Tae-yong juga memanggil tiga penjaga gawang Timnas Indonesia lainnya yakni Andritany Ardhiyasa, Muhammad Riyandi dan Adi Satrio. Nama terakhir ini cukup menyita perhatian, lantaran berasal dari klub Liga 2, PSMS Medan dan masih berusia belia yakni 18 tahun.