Liga Indonesia

Rekam Jejak Debut Makan Konate Hadapi Klub Mantan di Indonesia, Sempurna?

Selasa, 18 Februari 2020 11:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persebaya Surabaya, Makan Konate usai mencetak gol kedua ke gawang Madura United pada laga Piala Gubernur Jatim, Jumat (14/02/2020). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persebaya Surabaya, Makan Konate usai mencetak gol kedua ke gawang Madura United pada laga Piala Gubernur Jatim, Jumat (14/02/2020).

INDOSPORT.COM - Sosok Makan Konate jadi sorotan menarik pada gelaran semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 antara klub Persebaya Surabaya vs Arema FC. 

Duel Derby Jatim bakal tersaji antara Persebaya Surabaya vs Arema FC di semifinal turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim di Stadion Supriyadi Blitar, Selasa (18/02/20) sore WIB. 

Walau bertajuk pramusim, namun laga ini tak kehilangan gengsinya sedikit pun. Terbukti dari komitmen kedua tim untuk memainkan pemain-pemain intinya sepanjang turnamen. 

Sosok Makan Konate jadi pembahasan menarik dalam Derby Jatim kali ini. Maklum, sebelum jadi rekrutan besar Persebaya musim ini, playmaker asal Mali itu merupakan pilar Singo Edan di Liga 1 musim lalu. 

Laga melawan Arema di semifinal bakal jadi pertemuan perdana Konate bersama sang mantannya itu di Indonesia. Bicara soal mantan, ini bukan pertama kalinya Makan Konate berjumpa dengan mantan tim. 

Selama berkecimpung di sepak bola nasional sejak tahun 2012, Makan Konate telah debut bertemu mantan klub sebanyak empat kali. Bersama Persebaya, debut lawan Arema adalah yang kelima baginya.

Beruntung, Makan Konate punya nasib bagus ketika debut lawan mantan tim. Berikut rekam jejak selengkapnya. 

1. Barito Putera vs PSPS 3-1 (LSI 2013)

Makan Konate mengawali kariernya di sepak bola Indonesia dengan memperkuat klub PSPS Pekanbaru. Eks pemain Liga Primer Libya ini hanya semusim membela PSPS dengan catatan 16 caps dan enam gol. 

Pada 2013 ia pindah ke Kalimantan untuk memperkuat Barito Putera. Di sinilah pertemuan pertamanya dengan mantan klub terjadi, yakni di Liga Super Indonesia (LSI) 2013.  

Di laga yang dimenangkan Barito Putera 3-1 itu Makan Konate turut menyumbang satu gol dan main full 90 menit. 

2. Persib Bandung 3-1 Barito Putera (LSI 2014)

Cuma setahun di Barito Putera, Makan Konate memutuskan menerima pinangan Persib Bandung. Pertemuan dengan mantan tim, Barito Putera, pun tak terhindarkan. 

Makan Konate pertama kali berjumpa Barito dengan berseragam Persib Bandung pada LSI 2014. Lagi-lagi Konate sanggup meraih kemenangan 3-1. Hebatnya, ia sanggup mencetak dua gol di laga itu. 

3. Persib Bandung 1-0 Sriwijaya FC (Piala Presiden 2018)

Sempat merasakan juara bersama Persib, Makan Konate akhirnya meninggalkan Bandung untuk bergabung dengan Sriwijaya FC. 

Pertemuannya dengan klub mantan pun tak terhindarkan. Pada ajang Piala Presiden 2018 Sriwijaya berjumpa dengan Persib Bandung. 

Namun kali ini peruntungan Makan Konate terhenti. Laskar Wong Kito ditekuk Maung Bandung dengan skor tipis 1-0. 

4. Arema FC 3-0 Sriwijaya FC (Liga 1 2018)

Makan Konate kembali berganti klub dengan membela klub kuat, Arema FC. walau cuma semusim, ia sempat debut bertemu dengan mantan klub, Sriwijaya FC, di putaran kedua Liga 1 2018. 

Kali ini Makan Konate mampu memenangkan laga dengan skor 3-0. Walau tak mencetak gol, Konate yang main 90 menit jadi pemain penting di laga itu.