Liga Europa

Siap-siap! VAR Bakal 'Debut' di Babak Gugur Liga Europa 2019-2020

Selasa, 18 Februari 2020 18:49 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter/@goleada_info
Video Assistant Referee atau VAR bakal digunakan saat fase gugur Liga Europa musim ini. Copyright: © Twitter/@goleada_info
Video Assistant Referee atau VAR bakal digunakan saat fase gugur Liga Europa musim ini.

INDOSPORT.COM - Video Assistant Referee atau VAR bakal mulai diterapkan di babak knockout Liga Europa 2019-2020, mulai fase 32 besar pekan ini.

Dilansir dari situs resmi UEFA, Video Assistant Referee atau yang disingkat VAR akan diberlakukan mulai 20 Februari 2020 waktu setempat atau 21 Februari WIB.

Keputusan ini diambil oleh Komite Eksekutif UEFA pada September 2019 setelah merampungkan penerapan VAR di beberapa kompetisi UEFA musim 2018-2019. Pelatihan untuk analisis VAR sendiri telah dilaksanakan saat musim dingin 2020 yang melibatkan beberapa wasit top Eropa.

Meski selama ini VAR sering menjadi kambing hitam atas gol atau kekalahan beberapa tim di liga-liga Eropa, tapi Ketua Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti, mengatakan bahwa sistem tersebut justru merupakan salah satu elemen penting dalam dunia sepak bola.

"Kami percaya VAR adalah proyek penting untuk sepak bola dan saya sangat senang kami sekarang juga akan memiliki VAR di Liga Europa. Dengan sistem tersebut, kinerja wasit akan terbantu untuk mengambil keputusan-keputusan yang tepat," ujarnya.

"Kami sangat senang dengan angka-angka yang kami lihat di fase grup Liga Champions dan babak play-off. Dalam 108 total pertandingan, sebanyak 27 keputusan telah dikoreksi melalui sistem VAR," ucapnya lagi.

Rosetti pun menegaskan bahwa keputusan yang diambil saat pertandingan sepak bola sangatlah penting. Ia pun berharap penggunaan VAR dapat dioptimalkan sebaik-baiknya, dengan tidak mengabaikan tugas wasit di lapangan.

"Sejauh ini, waktu rata-rata untuk mengkoreksi sebuah keputusan adalah satu menit lebih 30 detik, 15 detik lebih singkat ketimbang musim lalu. Namun, saya ingin menekankan satu hal bahwa sesuai dengan protokolnya, VAR hanya digunakan untuk pelanggaran-pelanggaran atau peristiwa yang jelas," tambahnya.

"Sistem tersebut tidak akan digunakan untuk situasi-situasi khusus atau yang bersifat kontroversial. Laga sepak bola tetap membutuhkan wasit yang memiliki kemampuan memadai. Mereka akan langsung membuat keputusan yang berani dan benar jika terjadi sesuatu," pungkasnya.

Kompetisi sepak bola Liga Europa sendiri akan dilanjutkan pada 20 Februari 2020 waktu setempat untuk menjalankan leg pertama babak penyisihan 32 besar. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%