Liga Italia

Termasuk Gelandang Inter, Ini Lima Pemain Terliar di Liga Top Eropa

Selasa, 18 Februari 2020 06:33 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© David Ramos/Getty Images
Termasuk Gelandang Inter, Ini Lima Pemain Terliar di Liga Top Eropa Copyright: © David Ramos/Getty Images
Termasuk Gelandang Inter, Ini Lima Pemain Terliar di Liga Top Eropa

INDOSPORT.COM - Termasuk gelandang anyar Inter Milan dan kapten Real Madrid, berikut deretan pemain liar liga top Eropa yang kerap berlaku kasar ketika bertanding.

Memasuki era sepak bola modern, para pelatih elite berbagai belahan dunia mulai meninggalkan gaya permainan keras ala kick and rush Liga Inggris, dan lebih memfokuskan kepada gerakan pemain serta pemanfaatan ruang.

Klub raksasa Spanyol, Barcelona, sering dianggap sebagai role model persepakbolaan milenial lantaran gaya permainan tiki-taka khas mereka telah terbukti mampu menjuarai berbagai kompetisi di level UEFA maupun FIFA.

Dengan menjamurnya pelatih yang gemar memainkan tiki-taka, para pemain pun mau tidak mau harus mengganti gaya bermain mereka di lapangan dna lebih banyak bermain sabar sambil melihat peluang untuk memberi  umpan.

Namun bagai tidak peduli jaman, para pemain berikut ini tetap setia memainkan gaya kick and rush dan kerap melakukan pelanggaran keras demi mencuri bola ataupun menghentikan lawan. Imbasnya, kartu kuning dan merah pun jadi makanan sehari-hari mereka.

Lantas siapa sajakah pemain dengan status terliar di Eropa dan gemar berlaku kasar tersebut? Berikut INDOSPORT coba mengulas serta merangkum, lima daftar pemain terliar di liga top Eropa.

Luka Milivojevic (Crystal Palace)
Nama pertama adalah Luka Milivojevic, gelandang berusia 28 tahun tersebut musim ini telah melakukan 39 pelanggaran dalam 22 penampilan musim ini.

Bahkan dalam dua musim terakhir, Milivojevic telah mengumpulkan 129 pelanggaran yang luar biasa serta mengoleksi 18 kartu kuning, dan menjadikannya sebagai salah satu pemain paling tidak disiplin sepanjang liga utama Inggris. 

Nicolo Barella (Inter Milan)

© Twitter/@Inter_en
Duel Piatek dan Barella pada laga AC Milan vs Inter Milan di pekan ke-4 Serie A Italia 2019-20, Minggu (22/09/19) dini hari WIB. Copyright: Twitter/@Inter_enDuel Piatek dan Barella pada laga AC Milan vs Inter Milan di pekan ke-4 Serie A Italia 2019-20, Minggu (22/09/19) dini hari WIB.

Berikutnya ada gelandang anyar milik Inter Milan yakni Nicolo Barella, yang jika dilihat secara statistik ternyata masuk dalam lima besar pemain terliar.

Tercatat Barella sudah memiliki 8 kartu kuning dalam 18 penampilan di Serie A musim ini, dan juga meraih 2 kartu kuning dalam 4 pertandingan Liga Champions. 

Dalam tiga musim terakhir, ia telah mendapatkan 35 kartu kuning, jika di total maka Barella telah mendapat kartu kuning dalam 10 pertandingan sekali setiap musim. 

Bahkan sepanjang tampil di Serie A dan Liga Champions musim ini, Barella telah mengumpulkan 32 pelanggaran yang artinya ia telah melakukan kontak fisik hingga berbuah pelanggaran dua kali per pertandingan.

Damian Suarez (Getafe)
Berikutnya ada bek kanan Getafe, Damian Suarez yang juga masuk dalam daftar lima besar pemain Eropa terliar dan cenderung agresif dalam melakukan pertahanan.

Nama pemain berusia 31 tahun tersebut hampir selalu muncul di buku catatan wasit karena tekel dan pelanggarannya yang tidak pernah berhenti tiap pertandingan.

Total dirinya telah mendapatkan 10 kartu kuning dalam 19 penampilan Liga Spanyol musim ini. Jika di total dalam tiga musim sebelumnya, maka Suarez memiliki 44 kartu kuning dan 2 kartu merah di semua kompetisi.

Granit Xhaka (Arsenal)

© Arsenal
Gol Granit Xhaka di laga Arsenal vs Manchester United, Senin (11/03/19). Copyright: ArsenalGol Granit Xhaka di laga Arsenal vs Manchester United, Senin (11/03/19).

Pemain Arsenal satu ini bahkan sempat mendapat kritikan dari legenda Manchester United, Gary Neville, lantaran Xhaka tidak pernah tampil tenang dan selalu terlihat brutal dalam merebut bola dari pemain lawan.

Terbukti kapten Timnas Swiss ini memiliki 40 pelanggaran di Liga Premier musim ini, serta telah mengumpulkan 7 kartu kuning. (sportskeeda)

Catatan pelanggarannya pun tidak jauh beda dengan musim-musim sebelumnya, yakni total 32 kartu kuning dan 2 kartu merah dalam tiga musim terakhir.

Xhaka tidak cuma agresif dalam merebut bola, melainkan agresif dengan pemain lawan sehingga tidak jarang melihat mantan pemain Basel ini berkelahi dengan lawan, berteriak pada wasit serta melakukan tekel berbahaya.

Sergio Ramos (Real Madrid)
Terakhir ada bek Real Madrid, Sergio Ramos, dan mungkin menjadi role model empat pemain sebelumnya. Dibalik prestasi yang diraih bersama Los Blancos, Ramos merupakan bek dengan catatan pelanggaran yang cukup miris.

Total Sergio Ramos telah mendapatkan 173 kartu di sepanjang kariernya, dan 19 di antaranya adalah kartu merah yang juga membuatnya sebagai menjadi pemain yang paling sering diusir dari La Liga Spanyol.