Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2020: Persebaya, Kombinasi Sempurna Pemain Muda dan Senior

Sabtu, 29 Februari 2020 16:00 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Profil Tim Persebaya Surabaya untuk Liga 1 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Profil Tim Persebaya Surabaya untuk Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2020 akan segera bergulir pada 29 Februari nanti. Sejumlah tim sudah mulai mempersiapkan amunisi mereka untuk mengarungi kompetisi tersebut, termasuk Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya, menjelang bergulirnya kompetisi, sudah mempersiapkan diri secara matang untuk meraih targetnya untuk bisa juara di musim 2020 ini.

Sebagaimana yang diharapkan juga oleh Presiden Persebaya, Azrul Ananda, saat launching tim pada Sabtu (8/2/20) di Stadion GBT.

"Kami ingin meraih hasil maksimal musim ini," katanya.

Meskipun tidak bertabur pemain bintang seperti beberapa tim Liga 1 yang lain, namun mereka tetap enjoy saja dengan skuat yang ada saat ini, yakni dengan kombinasi pemain muda dan senior yang bagus.

Tangan dingin Aji Santoso adalah di balik layar semua ini. Berbicara soal pemain muda, pelatih 49 tahun itu banyak memberikan jam terbang untuk mereka.

Beruntung bagi Aji, ada turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 di mana bapak lima orang anak itu bisa melihat potensi pemain muda yang saat ini ada di Persebaya. Belum lagi pemusatan latihan di Yogyakarta yang juga sudah digelar selama 11 hari.

"Memang, tujuan saya memainkan pemain muda supaya mereka tidak nervous ketika kompetisi berjalan. Paling tidak mereka sudah mulai beradaptasi dengan atmosfer kompetisi," kata Aji Santoso saat PGJ berlangsung.

Benar saja, keputusannya banyak memainkan pemain muda seperti Moch Supriadi, Hambali Tolib, Rizky Ridho, Zulfikar Ahmad dan Koko Ari Araya berbuah manis. Satu di antara pemain di lirik pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong, yaitu Koko Ari Araya.

Selain pemain muda yang mulai memunjukkan progresnya. Jangan lupa, Persebaya masih ada sejumlah pemain senior nan berbahaya yang siap membombardir lawan mereka.

Ada kuartet asing yang dengan cepat menjelma sebagai kekuatan utama Bajul Ijo. Mereka adalah Makan Konate, Mahmoud Eid, Aryn Williams dan David Da Silva.

Soal produktivitas gol jangan ditanya. Satu gol paling tidak pernah mereka cetak masing-masing selama PGJ 2020 berlangsung. Sebut saja seperti Mahmoud Eid yang berhasil cetak gol usai saja pulih dari cedera.

Spesialnya lagi, gol yang dia sumbangkan itu pada saat Derby Jatim. Eid pun merasa semakin klop dengan tipikal Persebaya.

"Saya sudah semakin mengetahui seperti apa tipikal permainan mereka," kata Mahmoud Eid.

Berdasarkan draft jadwal yang telah dirancang oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Persebaya Surabaya akan bersua dengan tim promosi Persik Kediri pada Sabtu (29/2/20) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).