Liga Indonesia

Deretan Pesepak Bola Muda Indonesia yang Beraroma Bintang Dunia Era 1990-an

Kamis, 20 Februari 2020 15:29 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/gianzolann/beckhamputran
Sejumlah pesepak bola muda Indonesia, diketahui mengandung aroma bintang dunia era 1990-an yang begitu melegenda. Copyright: © Instagram/gianzolann/beckhamputran
Sejumlah pesepak bola muda Indonesia, diketahui mengandung aroma bintang dunia era 1990-an yang begitu melegenda.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pesepak bola muda Indonesia, diketahui mengandung aroma bintang dunia era 1990-an yang begitu melegenda.

Maldini, Rivaldo, Shevchenko, nama-nama itu dahulu begitu tenar di pentas sepak bola dunia. Mereka menjadi idola publik sekitar era 1990-an silam, dan perlahan menapaki kesuksesan karier pada masa setelahnya.

Saking bersinarnya, banyak trofi bergengsi yang telah mereka raih. Mulai dari kompetisi liga domestik, regional, hingga ajang-ajang internasional, pernah menghiasi karier mereka.

Sayangnya, para bintang dunia era 1990-an tadi kini telah gantung sepatu. Mereka tak aktif lagi merumput dan sedang menikmati masa pensiunnya dengan profesi baru.

Namun tenang saja, kenangan terhadap para bintang era 1990-an rasanya tidak akan pudar di Indonesia. Pasalnya, ada sejumlah pesepak bola muda Tanah Air yang mengandung aroma legenda-legenda top dunia.

Lalu, siapa saja pesepak bola muda Indonesia yang beraromakan bintang dunia era 1990-an tersebut? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam rangkuman berikut.


Maldini Pali

© BASRI/INDOSPORT
Maldini Pali. Copyright: BASRI/INDOSPORTMaldini Pali.

Maldini Pali, dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak siapa sosok legenda yang melekat padanya. Mungkin orang tua Maldini Pali begitu mengidolakan legenda AC Milan, Paolo Maldini, sehingga anaknya diberi nama serupa pula.

Karier Maldini Pali sendiri mencuat setelah dirinya membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013. Mengisi posisi sayap, teknik menggiring bola Maldini kala itu begitu menganggumkan lantaran seringkali membuat sulit bek-bek lawan.

Sayangnya, karier Maldini tak secerah nama yang ada padanya. Musim lalu saja, Maldini jarang mendapatkan menit bermain dari klubnya, Kalteng Putra.

Bahkan, Maldini harus mendapati kenyataan Kalteng Putra terdegradasi dari Liga 1. Suatu perubahan besar perlu diperlihatkan Maldini agar kariernya yang sudah menginjak usia 25 tahun kembali meningkat.


Todd Rivaldo Ferre

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTGelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang

Sepak bola Indonesia tak akan pernah luput dengan nama legenda AC Milan, Rivaldo. Pasalnya, kini ada bakat muda Indonesia yang menggunakan nama tersebut, yakni Todd Rivaldo Ferre.

Karier Rivaldo Ferre sudah mendapatkan sorotan sejak tampil bersama Timnas Indonesia U-19, dan perlahan naik ke level U-23. Pemain berusia 20 tahun ini kerap menyajikan aksi individu menarik dalam membongkar pertahanan lawan.

Kalau secara klub, Rivaldo Ferre sekarang tengah berkarier bersama Persipura Jayapura. Musim lalu saja, Rivaldo Ferre mampu tampil reguler bersama Persipura lewat catatan 29 laga dan membukukan total enam gol.


Wulf Kluivert Shevchenko Horota

© Media Officer Persipura Jayapura
Skuat klub Liga 1, Persipura Jayapura saat menjalani sesi latihan. Copyright: Media Officer Persipura JayapuraSkuat klub Liga 1, Persipura Jayapura saat menjalani sesi latihan.

Persipura Jayapura punya lagi pemain yang mengandung aroma legenda sepak bola dunia era 1990-an. Wulf Kluivert Shevchenko Horota, dari namanya saja bisa terlihat ada dua bintang sekaligus yang melekat, yakni Patrick Kluivert dan Andriy Shevchenko.

Wulf Kluivert Shevchenko Horota sendiri sosoknya baru saja mendapat kesempatan spesial dari Persipura. Ia lolos dalam tahap seleksi, dan pasti akan menjadi bagian dari skuat Mutiara Hitam musim depan.


Gian Zola

© Arif Rahman/Indosport
Gelandang Persib Bandung, Gian Zola seusai berlatih di Lapangan Saraga, Kota Bandung, Rab (03/04/2019). Copyright: Arif Rahman/IndosportGelandang Persib Bandung, Gian Zola seusai berlatih di Lapangan Saraga, Kota Bandung, Rab (03/04/2019).

Gianfranco Zola, legenda sepak bola Italia pernah berseragam biru Chelsea pada medio 1990-an silam. Ia bergabung dengan Chelsea sedari 1996, dan berakhir pada 2003.

Zola telah gantung sepatu, namun namanya ternyata tetap berkostum biru. Hal itu tak lepas dari kehadiran Gian Zola, bakat muda Indonesia berusia 21 tahun yang saat ini menjadi andalan lini tengah Persib Bandung.


Beckham Putra

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTPemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT

Gian Zola punya seorang adik yang juga berprofesi sebagai pemain sepak bola, dan sama-sama menggunakan nama legenda dunia 1990-an. Adik dari Gian Zola tersebut ialah Beckham Putra.

Sosok Beckham Putra saat ini turut membela Persib Bandung. Menjadi menarik, lantaran Beckham Putra mengenakan nomor punggung tujuh, atau sama persis seperti legenda Manchester United yang melekat padanya, David Beckham.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%