Liga Indonesia

PSM Makassar Berpikir Ulang Helat Uji Coba Jelang Lawan Shan United di Piala AFC

Kamis, 20 Februari 2020 21:24 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar berpikir ulang untuk menghelat laga uji coba sebelum melawan Shan United diajang Piala AFC 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar berpikir ulang untuk menghelat laga uji coba sebelum melawan Shan United diajang Piala AFC 2020.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar berpikir ulang untuk menghelat laga uji coba sebelum melawan Shan United diajang Piala AFC 2020. Duel melawan klub asal Myanmar tersebut bakal dimainkan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (26/02/20) mendatang.

Sejauh ini, PSM masih memiliki sejumlah kekurangan terutama untuk sektor pertahanan dan penyerangan. Hal tersebut diakui oleh pelatih Bojan Hodak selepas menggelar pemusatan latihan (training camp/TC) di Bogor, 14-19 Februari 2020.

Pelatih sepakbola berlisensi UEFA Pro ini mengetahui kedua hal tersebut pasca menggelar dua laga uji coba selama TC. Pertama melawan Tira Persikabo yang berakhir kekalahan 0-1 dan kedua ditahan imbang 2-2 oleh klub Liga 2, Persiba Balikpapan.

"Hal utama yang akan saya perbaiki ialah penyelesaian akhir karena kami banyak membuang peluang saat dua kali beruji coba di Bogor. Kami juga kebobolan dua kali dimasa tambahan waktu yang harusnya bisa diantisipasi," ungkap Hodak, Kamis (20/02/20).

Pelatih sepakbola asal Kroasia ini mengaku masih memaklumi kedua kekurangan anak asuhnya tersebut. Sebab, Hodak yang notabene baru sebulan lebih melatih PSM juga memiliki sebanyak 16 pemain baru di dalam skuatnya.

Sehingga, Hodak membutuhkan sejumlah laga uji coba selama masa pra musim Liga 1 2020. Namun, eks pelatih Timnas Malaysia U-19 ini harus melakukan evaluasi dengan cepat sebab PSM sudah harus bertarung dipenyisihan Grup H Piala AFC 2020.

Dalam waktu dekat, PSM akan melakoni laga kedua penyisihan grup melawan Shan United. Saat ini, Willjan Pluim dkk. tengah berada di Makassar untuk mengintesifkan persiapan termasuk mengevaluasi dua kekurangan tersebut.

Akan tetapi, PSM rupanya tak menilai laga uji coba sebagai langkah tepat untuk mengukur hasil evaluasi sebelum melawan Shan United. Sebab Pasukan Ramang harus berfikir dua kali untuk beruji tanding sekali lagi selama persiapan di Makassar.

"Belum ada rencana uji coba selama di Makassar. Mungkin hanya ada game internal saja karena riskan juga menggelar uji coba. Waktunya sangat mepet dengan jadwal melawan Shan United," ungkap Asisten Pelatih, Herrie Setyawan, kepada INDOSPORT, Kamis (20/02/20) malam.

Adapun PSM Makassar akan kembali menggelar latihan pra musim di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (21/02/20). Sebelumnya, Willjan Pluim dkk. diliburkan selama dua hari selepas menggelar pemusatan latihan di Bogor.