Bursa Transfer

3 Fakta Mengejutkan Jefferson Oliveira, Eks Sampdoria yang Diisukan ke Persik

Jumat, 21 Februari 2020 16:32 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© shutterstock.com/wikipidea.com
3 fakta mengejutkan Jefferson Alves Oliveira, eks pemain klub Liga Italia, Sampdoria yang tengah diisukan ke Persik Kediri. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
3 fakta mengejutkan Jefferson Alves Oliveira, eks pemain klub Liga Italia, Sampdoria yang tengah diisukan ke Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 fakta mengejutkan akan sosok Jefferson Alves Oliveira yang merupakan eks Liga Italia Sampdoria yang tengah diisukan ke Persik Kediri.

Jelang bergulirnya pagelaran Liga 1 2020 yang bakal berlangsung sejak 29 Februari mendatang, setiap peserta saat ini telah memiliki skuat yang cocok.

Meski demikian ternyata ada salah satu klub promosi, yakni Persik yang masih dirumorkan bakal mendaratkan satu pemain asing guna melengkapi kuota slot legiun luar negeri.

Sebab peserta Liga 1 diperbolehkan untuk menggaet tiga pemain asing dengan status negara yang bebas dan satu dari kawasan Asia (3+1). Namun tak wajib dipenuhi.

Meski begitu kehadiran pemain asing dinilai dapat membawa sisi positif dimana kemampuan mereka dianggap melampaui penggawa Tanah Air.

Saat ini Persik telah mendatangkan Ante Bakmaz (Australia), Gaspar Vega (Argentina), dan Patrik Bordon (Slovenia). Sedangkan Fode Camara (Guinea) tak jadi digaet karena mengalami masalah visa.

Sehingga Persik harus segera mencari pemain asing lain yang pas guna berlaga di Liga 1. Terlebih Macan Putih juga dikejar untuk mendaftarkan para pemainnya.

Kini muncul pula rumor kalau Persik tengah dikaitkan dengan eks Liga Italia dalam sosok Jefferson Alves Oliveira. Hal itu tercetus oleh akun media sosial Twitter @indostransfer.

Akun tersebut memang kerap melontarkan cuitan tentang perpindahan pemain lokal maupun asing ke kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia.

"CONFIRMED: Klub promosi Liga 1 2020, Persik Kediri bakal datangkan bek asal Brasil, Jefferson Oliveira 'Formigāo' (29 tahun)," tulis akun tersebut, Jumat (21/02/20).

Akun tersebut juga menuliskan kalau Jafferson sempat bermain untuk klub kasta ketiga Liga Prtugal bersama CD Fatima. Namun ada hal menarik lainnya.

Berdasarkan laman statistik Transfermarkt kalau Jefferson diketahui masih memiliki kontrak bersama CD Fatima hingga 30 Juni 2020. Akan tetapi apapun bisa terjadi.

1. Multi Posisi

© TuttoMercatoWeb
Jefferson Alves Oliveira (kanan). Copyright: TuttoMercatoWebJefferson Alves Oliveira (kanan).

Fakta mengejutkan pertama menampilkan kalau Jefferson ternyata permain berposisi bek tengah. Meski begitu dirinya bisa bermain di beberapa posisi.

Tercatat dalam situs Transfermarkt kalau Jefferson sempat ditempatkan sebagai bek sayap kanan sebanyak enam kali dan sweeper back sekali.

Artinya Persik, jika benar terealisasi, sukses mendaratkan sebuah pemain yang bisa ditempatkan ke beberapa posisi dan justri menguntungkan bagi skema permainan pelatih.

2. Jebolan Liga Italia

© OGOL
Jefferson Alves Oliveira (kanan). Copyright: OGOLJefferson Alves Oliveira (kanan).

Fakta mengejutkan berikutnya tentang Jefferson ialah kalau pemain berpostur 193 cm ini ternyata jebolan salah satu klub dari Liga Italia (Serie A Italia).

Sebab Jefferson sempat mendapat tempaan ilmu sepak bola kala dikontrak oleh Udinese U-17 (2008-09). Kemudian naik ke level U-19 (2009-11)dan sempat dipromosikan ke tim senior (2011-14).

Bahkan Jefferson sempat digaet oleh Sampdoria pada musim 2015 hingga 2017. Meski begitu Jefferson kebanyakan dipinjamkan ke klub kasta kedua atau ketiga.

3. Bek yang Keras

© lance.com.br
Jefferson Alves Oliveira. Copyright: lance.com.brJefferson Alves Oliveira.

Fakta mengejutkan terakhir memperlihatkan kalau Jefferson ternyata pemain belakang yang bertipikal keras di lapangan selama laga berjalan.

Akibatnya Jefferson kerap mendapatkan hadiah kartu kuning dari wasit. Hal ini cukup wajar karena menjadi bek yang sulit ditembus lawan memang harus bekerja keras.

Berdasarkan data dari laman Soccerway, kalau Jefferson sejauh ini telah mengoleksi 36 kartu kuning. Bahkan jumlah terbanyak dalam satu musim sempat diraih Jefferson sebanyak 11 kali ketika membela CD Fatima (2018-19).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%