Bola Internasional

Peringati 50 Tahun Jadi Juara Dunia, Brasil Bangun Patung Pele

Sabtu, 22 Februari 2020 20:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Patung Pele diperkenalkan oleh PSSI-nya Brasil dalam rangka peringatan 50 tahun mereka berhasil meraih Piala Dunia 1970.

Piala Dunia yang ke-3 untuk Brasil tersebut mampu diraih sempurna oleh mereka setelah melibas habis tujuh laga yang ada dan menutup final dengan skor 4-1 atas Italia.

Selain itu, ajang tersebut pun memunculkan satu nama yang sampai saat ini dianggap sebagai pesepak bola terbaik di dunia. Ia adalah Pele.

Pele yang bulan Oktober nanti berusia 80 tahun mengalami kesulitan berjalan, dikabarkan tidak hadir dalam perayaan di museum Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF). Tetapi, dirinya sempat diberikan gambaran mengenai patungnya tersebut yang dia nyatakan sempurna.

Selain Pele, Piala Dunia 1970 juga memunculkan nama-nama seperti Gerson, Tostao, Rivelino, dan Carlos Alberto yang dianggap sebagai salah satu tim terbaik yang pernah bermain di dunia.

Patung tersebut memakai kaos yang dipakai oleh Timnas Brasil kala berlaga di Piala Dunia 1970 lalu. Sayangnya, Pele yang saat ini semakin menurun kesehatannya tidak bisa datang langsung dan melihat bagaimana gagahnya dia dalam versi patung.

Dilansir dari ESPN, Edinho, putra dari Pele menyatakan jika ayahnya juga menderita depresi akibat kesehatannya yang memburuk, membuat dirinya tidak mampu keluar rumah tanpa bantuan orang lain.