Bola Internasional

Kondisi Kesehatannya Memburuk, Pele Kini Depresi dan Malu Keluar Rumah

Selasa, 11 Februari 2020 15:25 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda terbesar sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau awam dikenal sebagai nama Pele, dikabarkan mengalami depresi lantaran kesehatannya terus memburuk. Dia juga enggan keluar dari rumah karena malu tidak dapat berjalan tanpa alat bantu.

Hal tersebut diungkapkan sang putra, Edinho, dalam sebuah wawancara di Brasil, Senin (10/2/20). Diketahui Pele mengalami masalah pada pinggul selama bertahun-tahun dan kini membutuhkan tongkat, bahkan kursi roda untuk berjalan.

"Kondisinya kini amat rapuh. Dia sempat menjalani penggantian tulang pinggul, tapi tak menerima rehabilitasi yang baik dan ideal. Kondisi itu membuatnya kesulitan bergerak dan terindikasi depresi," kata Edinho kepada TV Globo, seperti dilansir Reuters. 

"Bayangkan saja, dia adalah sang raja, dia selalu menjadi sosok yang mengesankan dan saat ini dia tak bisa lagi berjalan dengan sempurna.  Dia sangat malu dan tertutup. Dia tidak ingin keluar atau tampil di depan publik akhir-akhir ini,” pungkas Edinho.

Sebelumnya, Edinho pernah berdebat dengan sang ayah karena menolak sesi fisioterapi yang seharusnya dilakukan pasca-operasi pinggul.

Pele dikenal sebagai salah satu pesepak bola paling hebat sepanjang sejarah dan akan menginjak usia 80 tahun pada Oktober nanti. Prestasi tertingginya adalah menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali bersama Brasil, masing-masing pada 1958 (Swedia), 1962 (Chile), dan 1970 (Meksiko).

Hingga kini, Pele juga masih berstatus top skor sepanjang masa timnas Brasil dengan catatan 77 gol dari 92 penampilan. Musim panas mendatang akan menandai peringatan 50 tahun aksinya di Piala Dunia ketiganya di Meksiko (1970) bersama tim terhebat sepanjang masa versi FIFA.

Di level klub, Pele menghabiskan sebagian besar kariernya dengan klub elite Brasil, Santos. Dia mencatatkan 643 gol sebelum pindah ke New York Cosmos pada 1970-an. 

PENULIS: Ahmad Fatih Qadri