Liga Indonesia

PT LIB Temukan Banyak Kekurangan, Layakkah Stadion Klabat Jadi Markas Persipura?

Minggu, 23 Februari 2020 00:54 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Rafif Rahedian
© inewscrime.com
Operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan inspeksi ke Stadion Klabat, Sabtu (22/2/20), untuk memverifikasi stadion yang berada di Kota Manado itu sebagai markas sementara Persipura Jayapura. Copyright: © inewscrime.com
Operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan inspeksi ke Stadion Klabat, Sabtu (22/2/20), untuk memverifikasi stadion yang berada di Kota Manado itu sebagai markas sementara Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan inspeksi ke Stadion Klabat, Sabtu (22/2/20), untuk memverifikasi stadion yang berada di Kota Manado itu sebagai markas sementara Persipura Jayapura.

Dalam inspeksi tersebut, PT LIB menemukan banyak kekurangan yang menjadi catatan penting bagi pengelola stadion dan Persipura sendiri.

Ruang ganti pemain, rumput lapangan, ruang medis, tribun media hingga tribun penonton paling disoroti oleh PT LIB. Mereka meminta pengelola stadion dan manajemen Persipura untuk membenahi dan melengkapi kekurangan di fasilitas‐fasilitas tersebut.

"Ruang ganti ada sedikit fasilitas yang harus dilengkapi demi kenyamanan pemain, ruang medis juga menjadi catatan khusus, permukaan lapangan agak sedikit bergelombang, tribun media juga belum ada, dan tribun penonton juga perlu dirapikan karena ditumbuhi rumput liar," ujar salah satu verifikator PT LIB, Somad.

Somad mengatakan, pihaknya akan memberikan waktu sepekan kepada pihak Persipura dan Pemerintah Provinsi Sulut untuk memberi jawaban atas kesanggupan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

"PT LIB memberi waktu kepada pengelola Stadion Klabat untuk menyelesaikannya, dari hasil verifikasi atau inspeksi saat ini kita kasih waktu dalam seminggu ke depan apakah teman-teman Persipura dan Provinsi Sulut juga klub Sulut United bisa menyanggupi," imbaunya.

"Untuk Persipura dan Sulut United khususnya, mungkin fokusnya ke lapangan dan fasilitas ruang ganti, dan untuk Persipura juga harus ada maintenance khusus secara keseluruhan, soalnya level Liga 1 itu lebih ketat," bebernya.

PT LIB sendiri belum bisa memastikan kapan akan memberi jawaban atas hasil verifikasi tersebut, mengingat kompetisi sudah semakin dekat.

"Hari ini kita melakukan verifikasi, dan mungkin Senin baru kita akan laporkan dulu ke manajemen PT LIB. Setelah itu kita akan melakukan komunikasi, mudah-mudahan sih nggak terlalu lama. Saya harap perwakilan Persipura bisa stay di sini untuk berkoordinasi terhadap kekurangan-kekurangan yang ada," jawabnya.

"Kita kembalikan lagi ke Persipura apakah menyanggupi atau tidak untuk bisa bermarkas di Stadion Klabat," tandasnya.

Buntut dari Stadion Mandala yang sedang direnovasi menjelang perhelatan PON XX membuat manajemen Persipura terus berupaya mencari markas sementara untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

Selain Stadion Klabat Manado, Persipura juga memilih Stadion Aji Imbut Tenggarong dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai alternatif.

2