Liga Indonesia

Ini Daftar Pemain Persib yang Mendapat Penghargaan dari Forum Wartawan

Minggu, 23 Februari 2020 09:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Peraih penghargaan dari FWP berfoto bersama ‎di saat acara Awarding yang bersamaan dengan kegiatan Bobotoh Day di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (22/02/2020). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Peraih penghargaan dari FWP berfoto bersama ‎di saat acara Awarding yang bersamaan dengan kegiatan Bobotoh Day di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (22/02/2020).

INDOSPORT.COM - Beberapa pemain Persib Bandung dan pelaku sepak bola Kota Bandung mendapat penghargaan dari Forum Wartawan Persib pada acara Bobotoh Day yang berlangsung di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (22/02/20). 

Pada kegiatan awarding tersebut, penjaga gawang Persib, I Made Wirawan berhasil meraih Player of the Year 2019. Made dipilih karena penampilannya yang gemilang saat memperkuat skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2019. 

Made yang ditugaskan mengganti peran Muhammad Natshir yang mengalami cedera, bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Walaupun, usianya sudah tidak muda lagi yakni 38 tahun. 

Selama Liga 1 2019, Made Tampil dalam 31 laga dan mencatatkan 12 cleansheet. Statistik tersebut menempatkan Made sebagai penjaga gawang dengan jumlah cleansheet terbanyak, bersama Dede Sulaiman (Persipura Jayapura) dan Wawan Hendrawan (Bali United).

Kategori Young Player of the Year 2019 diberikan kepada Beckham Putra Nugraha. Di usianya yang masih muda yakni 17 tahun, ia sudah mampu menembus tim Persib dan beberapa kali mendapat kesempatan bermain. 

Sedangkan untuk kategori Goal of the Year 2019, diraih oleh Frets Listanto Butuan. Pemain asal Ternate ini berhasil meraih penghargaan tersebut, setelah gol indahnya ke gawang Persija Jakarta. 

Gol yang diciptakan di menit ke-52 itu oleh Frets, mampu memecah kebuntuan setelah terjadi deadlock pada babak pertama. Menyisir sisi kanan pertahanan Persija, Frets mampu mengelabui Novri Setiawan hingga merangsek ke kotak penalti.

Setelah mendapatkan ruang tembak, Frets langsung melepaskan tendangan keras yang gagal diantisipasi kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Pada kategori Breaktrough Player 2019, Abdul Aziz Lutfi Akbar dipilih oleh FWP. Pada musim 2019, Mantan kapten Persib U-21 tersebut menjelma sebagai gelandang yang berkontribusi penting untuk perbaikan performa klub terutama di putaran kedua. 

Sedangkan di kategori The Most Concern Person 2019 diberikan kepada Manajer tim Persib Bandung Umuh Muchtar. Kepedulian Umuh terhadap sepak bola khususnya Persib bermula sejak dirinya menjadi seorang Bobotoh. 

Umuh begitu loyal dalam mendukung klub kebanggaannya dan mulai masuk ke manajerial klub, hingga akhirnya dia ditunjuk sebagai asisten manajer pada liga Indonesia musim 2007/2008. Lalu di tahun 2008 baru Umuh maju sebagai manajer.

Umuh juga menjadi 'juru selamat' Persib ketika regulasi untuk kompetisi 2009 setiap klub tidak boleh menggunakan APBD sebagai sumber penghidupan. Akhirnya Umuh membawa Persib menemui pihak konsorsium yang salah satunya adalah Glenn Sugita hingga lantas terbentuk PT PBB.

Selain itu, Umuh menjadi bagian tim saat menjuarai ISL 2014 dan Piala Presiden 2015. Umuh juga terkenal begitu vokal untuk membenahi kisruh sepakbola nasional.

Pada The Most Supported Brand 2019, tentu diberikan kepada Gudang Garam. Satu di antara brand yang bergabung sebagai mitra Persib sejak kompetisi musim 2018. 

Kategori terakhir Lifetime Achievement diberikan kepada Mohammad Indra Thohir sebagai pelatih legendaris yang membawa Persib meraih gelar juara Perserikatan edisi terakhir pada musim 1993/1994 dan juara pada edisi pertama Liga Indonesia musim 1994/1995.