Liga Indonesia

Tak Lagi Jadi Staf Timnas Indonesia, Begini Kata Indra Sjafri

Senin, 24 Februari 2020 20:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Indra Sjafri akhirnya angkat bicara setelah tidak lagi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Kini ia ditunjuk menjadi direktur teknik oleh PSSI. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Indra Sjafri akhirnya angkat bicara setelah tidak lagi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Kini ia ditunjuk menjadi direktur teknik oleh PSSI.

INDOSPORT.COM - Indra Sjafri akhirnya angkat bicara setelah tidak lagi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Kini ia ditunjuk menjadi direktur teknik oleh PSSI.

Indra menjelaskan, sudah mendapat tawaran menjadi direktur teknik sejak SEA Games 2019 lalu. Ketua umum PSSI, Iwan Bule disebut punya beberapa rencana besar yang membutuhkan kerja sama beberapa pihak termasuk Indra Sjafri.

"Bahkan saat SEA Games, pak ketum sudah menawarkan saya di posisi itu dan baru saya oke setelah SEA Games," buka Indra Sjafri memberi penjelasan.

"Begitu selesai beliau dipilih sebagai ketum, beliau punya beberapa wacana dan alternatif-alternatif itu disampaikan ke saya agar ikut membantu," tuturnya.

"Selesai SEA Games, PSSI sudah kontrak pelatih dari luar, pertama untuk memantu Timnas beprestasi dan kedua ada transformasi ilmu kepelatihan dari pelatih asing ke Indonesia."

"Itu butuh orang-orang (berkompeten) dan salah satu yang kita rekomendasikan adalah coach Nova (Arianto), ada juga Shahari Gultom dan setelah itu saya juga diminta karena bagaimana pun pelatih asing yang baru datang, pasti butuh bantuan informasi terhadap timnas selama ini," imbuhnya lebih detail.

Indra Sjafri sempat menemani Shin Tae-yong (pelatih baru Timnas) saat memimpin pemusatan latihan Timnas U-19 di Thailand, Januari lalu. Setelahnya, Indra kemudian ditunjuk sebagai direktur teknik sehingga tak terlihat saat latihan skuat senior di Jakarta.

Ia mengatakan mau menerima tawaran menjadi direktur teknik karena telah mengenal sepak bola Indonesia sejak berkecimpung di tahun 2011 lalu.

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu merasa tertantang dan antusias lantaran merupakan pekerjaan yang disukainya atau tak jauh dari sepak bola.

"Kalau direktur teknik itu ibarat rumah, ini dapurnya. Karena kita butuh perbaikan dan ini menjadi tambahan pengalaman bagi saya untuk bisa lebih baik," tegasnya.

Sekadar informasi, Indra Sjafri sebelumnya menjadi salah satu sosok penting di balik suksesnya Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak di SEA Games 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%