In-depth

Stadion San Paolo Napoli dan Mimpi Kecil Lionel Messi

Selasa, 25 Februari 2020 16:19 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© David Ramos/GettyImages
Mungkin tak ada sosok yang lebih bahagia menyambut hasil drawing Napoli vs Barcelona dari sang kapten sekaligus megabintang Barca, Lionel Messi. Copyright: © David Ramos/GettyImages
Mungkin tak ada sosok yang lebih bahagia menyambut hasil drawing Napoli vs Barcelona dari sang kapten sekaligus megabintang Barca, Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Mungkin tak ada sosok yang lebih bahagia menyambut hasil drawing Napoli vs Barcelona dari sang kapten sekaligus megabintang Barca, Lionel Messi.

Duel besar akan tersaji di babak 16 besar Liga Champions antara Napoli vs Barcelona. Leg pertama laga ini akan diselenggarakan di Stadion San Paolo, Napoli, Rabu (26/02/20) dini hari WIB. 

Napoli tampil cukup impresif di Liga Champions musim ini dengan belum terkalahkan di babak grup. Begitu pun dengan Barcelona yang menjadi juara Grup F tanpa tersentuh kekalahan. 

Mungkin tak ada sosok yang lebih bahagia menyambut hasil drawing ini dari sang kapten sekaligus megabintang Barca, Lionel Messi. Siapa sangka, bermain di Stadion San Paolo, Napoli, adalah salah satu mimpi Lionel Messi semasa kecil. 

Lionel Messi yang mencetak empat gol ke gawang Eibar pekan lalu secara terang-terangan menyebut bermain di San Paolo bakal jadi pengalaman hebat untuknya. 

Sebab, sudah sejak lama ia memimpikan untuk bermain di stadion legendaris ini. Siapa lagi kalau bukan sang legenda besar Argentina, Diego Maradona, yang jadi alasannya. 

© Bob Thomas/Getty Images
Ferrara dan Maradona serta rekannya di Napoli kala merengkuh gelar Piala UEFA (Europa League). Copyright: Bob Thomas/Getty ImagesFerrara dan Maradona serta rekannya di Napoli kala merengkuh gelar Piala UEFA (Europa League).

Ya, kisah perjalanan Maradona bersama klub Napoli di era akhir 80 sampai 90-an memang sangat melegenda bagi anak-anak kecil Argentina kala itu. Tak terkecuali bagi Lionel Andrés Messi. 

Semasa kecil Messi bermimpi untuk mengikut jejak sang legenda dan merasakan atmosfer gila para Neopolitans di Stadion San Paolo. Mimpi itu pun tetap terjaga hingga hari ini. 

“Saya sudah lama ingin pergi ke (stadion) San Paolo, dan kami (Barcelona) tidak pernah mendapatkan Napoli dalam undian. Saya sangat senang melihat seperti apa rasanya. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan untuk bermain di sana,” ujar Messi dikutip dari Mundo Deportivo.

Napoli yang Mendewakan Maradona

Lionel Messi sudah sering mendengar kisah Diego Maradona yang dianggap sebagai Tuhan di Napoli. Ia sering mendengar cerita-cerita ini dari rekan senegaranya, Ezequiel Lavezzi, yang pernah merumput di sana. 

“Saya tahu tentang Neopolitans dan betapa gilanya mereka tentang sepakbola. Saya punya rekan tim seperti Ezequiel Lavezzi yang pernah bermain di sana, dan mereka sudah menjelaskan seperti apa rasanya," katanya.

Diego Maradona datang ke Napoli pada tahun 1984 dari klub LaLiga, Barcelona. Maradona datang sebagai pemain terbaik dunia kala itu. 

Maradona mencapai puncak kariernya di Napoli di mana ia sanggup membawa klub itu meraih dua scudetto (1986/87 dan 189/90) meruntuhkan dominasi Juventus. Ia juga membantu Napoli menjuarai Piala Italia, Piala UEFA, dan dua kali menjadi runner-up Serie A. 

Jangan lupakan pula, ketika berseragam Napoli, Maradona memenangkan Piala Dunia 1986 bersama Argentina. Pencapaiannya bersama klub Napoli dan Timnas Argentina belum lagi bisa diulangi oleh kedua kesebelasan sampai saat ini. 

Jasa besar Maradona kepada Napoli pun membuat dirinya dianggap suci. Tak cuma nomor punggung 10 miliknya yang dipensiunkan, sebagian fans dan penduduk Napoli pun menganggapnya sebagai Tuhan. 

Stadion San Paolo yang jadi saksi kehebatan sang maestro di Napoli pun sampai sekarang masih eksis dan aktif digunakan. Stadion berkapasitas 55 ribu penonton ini bakal menggelar laga besar melawan Barcelona, Rabu (26/02/20) dini hari nanti.
 
Ikuti Jejak Maradona di Napoli?

Klub Napoli ternyata menyambut baik hal ini. Seakan tahu keinginan sang megabintang, Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, pernah menyatakan mimpinya untuk memboyong Messi ke Napoli. 

Hal ini diungkapkan Laurentiis pada tahun 2012 lalu ketika La Pulga tengah dalam puncak karier. Akan tetapi, hingga saat ini belum lagi terdengar kabar ketertarikan Il Partenopei terhadap titisan Maradona tersebut. 

Lionel Messi sendiri pernah ditanyakan mengenai hal ini. Sang megabintang tak menutup pintu untuk bergabung dengan Napoli walau ia tak tahu pasti masa depannya. "Anda tidak pernah bisa mengatakan tidak pernah dalam sepakbola, tapi saya kira itu rumit," katanya kala itu. 

© twitter/everything Napoli
Ribuan Suporter Napoli di depan Stadion San Paolo Copyright: twitter/everything NapoliRibuan Suporter Napoli di depan Stadion San Paolo

Tak terbayangkan sudah jika di masa depan Lionel Messi benar-benar bergabung dengan Napoli. Selama ini Messi memang dikenal sebagai titisan Maradona dengan segala kemiripan di antara keduanya. 

Napoli pun bisa dipastikan bakal jadi klub suci bagi sepak bola Argentina karena di klub inilah dua legenda besar mereka pernah bermain. 

Bahkan, jelang laga Napoli vs Barcelona, ratusan fans Napoli sudah mengelu-elukan nama Messi di hotel tempat skuad Barcelona menginap. La Pulga begitu diterima oleh suporter Il Partenopei jelang laga melawan Barcelona dini hari nanti.