Liga Champions

Termasuk Karena Eks AC Milan, Ini 3 Alasan Napoli Bisa Permalukan Barcelona

Selasa, 25 Februari 2020 17:17 WIB
Editor: Coro Mountana
© Catherine Ivill/Getty Images
Stadion San Paolo, kandang Napoli akan menjadi saksi bagaimana Barcelona akan dipermalukan pada ajang Liga Champions. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Stadion San Paolo, kandang Napoli akan menjadi saksi bagaimana Barcelona akan dipermalukan pada ajang Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Dikarenakan eks AC Milan, Napoli memiliki banyak alasan untuk mempermalukan Barcelona di Liga Champions dini hari nanti.

Bertanding di San Paolo, Napoli akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dulu melawan Barcelona dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Di atas kertas, sangat jelas kalau Barcelona lebih difavoritkan dibandingkan dengan Napoli.

Berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara LaLiga Spanyol serta ditunjang sejumlah pemain bintang seperti Lionel Messi membuat Barcelona berada di atas angin.

Berbanding terbalik dengan Napoli yang masih belum mampu menembus 5 besar Serie A Italia dan tak memiliki pemain bintang sekaliber Messi. Akan tetapi berbekal sejumlah alasan ini, Napoli memiliki potensi untuk mempermalukan Barcelona.

Kehadiran Eks AC Milan

Pertama ada kehadiran eks AC Milan dalam jajaran pelatih Napoli saat ini yaitu Gennaro Gattuso. Sempat diragukan pada awal masa kepemimpinannya, perlahan Gattuso berhasil membawa Napoli pada trek yang benar.

Itu terbukti dari 7 laga terakhir di mana Napoli hanya sekali saja meraih kekalahan sedangkan sisanya berakhir dengan kemenangan. Gattuso menjadi sosok kunci kebangkitan Napoli yang kini mulai mengintip posisi 5 Serie A setelah sempat terlempar dari 10 besar.

Dari sisi mental pun, para pemain Napoli sudah mulai terlihat begitu kuat dengan mampu mengalahkan Juventus dan Inter Milan. Dengan mental baja dan efek Gattuso, Napoli punya peluang untuk mempermalukan Barcelona.

Napoli Belum Pernah Kalah di Liga Champions

Napoli memang tampil di babak 16 besar Liga Champions dengan status sebagai runner up grup, akan tetapi mereka adalah 1 dari 6 tim yang belum pernah kalah. Tampil dalam 6 laga di babak grup, Napoli menang 3 kali dan seri 3 kali.

Padahal selama di fase grup, Napoli harus bertarung dengan juara bertahan Liga Champions, Liverpool dan tim penuh kejutan, Red Bull Salzburg. Namun Napoli selalu mampu meraih setidaknya satu poin.

San Paolo, Tempat Angker Bagi Tim Raksasa

© SSC NAPOLI/SSC NAPOLI via Getty Images
Piotr Zielinski berselebrasi usai mencetak gol di laga Serie A Italia antara Napoli vs Juventus Copyright: SSC NAPOLI/SSC NAPOLI via Getty ImagesPiotr Zielinski berselebrasi usai mencetak gol di laga Serie A Italia antara Napoli vs Juventus

Terakhir, Napoli akan bertanding di kandangnya sendiri yaitu San Paolo yang merupakan tempat angker bagi tim raksasa pada musim ini. Juventus dan Liverpool pernah merasakan kengerian ketika bermain di San Paolo.

Liverpool dipaksa menyerah 0-2 di ajang Liga Champions, sedangkan Juventus baru-baru ini dikalahkan Napoli asuhan Gattuso dengan skor 1-2. Praktis hanya Inter Milan, tim raksasa yang sukses keluar dari San Paolo dengan kemenangan.

Berbekal rekor kandang apik, tak pernah kalah di Liga Champions serta daya magis Gattuso, Barcelona seyogyanya wajib mewaspadai potensi kejutan dari Napoli.