Bola Internasional

Daftar Top Skor Pemain Timnas ASEAN, di Mana Posisi Bambang Pamungkas?

Kamis, 27 Februari 2020 17:02 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - ASEAN atau dikenal sebagai Asia Tenggara memiliki beberapa negara yang identik dengan sepak bola. 11 negara yang tergabung di dalamnya pun memiliki beberapa pemain yang berstatus legenda.

Status legenda tak melulu soal siapa pemain dengan penampilan terbanyak, melainkan juga pencetak gol terbanyak. Di ASEAN, terdapat 11 pemain yang mampu mencetak gol terbanyak bagi negaranya masing-masing.

Dilansir dari akun Instagram Aseanfutbol, pencetak gol terbanyak di ASEAN bagi timnasnya dimulai dari Zainal Abidin Hassan (Malaysia) yang menghuni urutan teratas dengan 78 golnya. Lalu diikuti oleh Kiatisuk Senamuang (Thailand) dengan 71 gol.

Legenda Timnas Singapura, Fandi Ahmad, ada di urutan ketiga dengan 55 gol di susul Phil Younghusband (Filipina) dengan 52 gol dan Le Cong Vinh (Vietnam) di urutan kelima dengan 51 gol.

Nama legenda Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, berada di urutan keenam dari 11 Timnas di ASEAN. Sejak memutuskan pensiun dari tahun 2013 silam, pria yang disapa Bepe ini telah mencetak 38 gol dari 85 penampilan. Namanya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim Merah Putih di pentas internasional.

Tentu apa yang dicapai Bepe masih kalah jauh dibandingkan legenda Malaysia maupun Thailand. Namun bukan berarti kiprahnya di dunia internasional tak diakui oleh pecinta sepak bola.

Meski asli Indonesia, nama Bambang Pamungkas juga harum di Malaysia berkat ketajamannya. Hal tersebut terbukti dari 58 gol yang digelontorkannya bersama Selangor FA dalam dua musim sekaligus membawa timnya menjuarai Treble Winne pada 2005 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%