In-depth

Apa Kabar Alessandro Costacurta? Legenda AC Milan yang Pernah Menampar Gattuso

Jumat, 28 Februari 2020 23:37 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Alessandro Costacurta, adalah seorang legenda hidup AC Milan yang pernah menampar Gennaro Gattuso, apa kabarnya kini?

AC Milan di era 1990-an pernah memiliki kuartet pertahanan yang begitu kokoh ibaratkan tembok China yang sulit dirobohkan. Kuartet pertahanan itu sendiri diisi oleh Franco Baresi, Paolo Maldini, Mauro Tassotti, dan Alessandro ‘Billy’ Costacurta.

Terkhusus untuk nama terakhir, Alessandro Costacurta, ia pada masanya dianggap sebagai salah satu bek tengah paling tangguh di dunia. Akan tetapi di awal masa kariernya, ternyata tidak berjalan mulus dengan pernah dipinjamkan ke Monza.

Tapi setelah itu, sejak 1987 hingga 2007, satu posisi di bek tengah AC Milan selalu diisi oleh Costacurta. Memang Costacurta merupakan sosok legenda yang begitu dihormati di AC Milan sekaligus dikenal pernah menampar Gennaro Gattuso.

Perjalanan Karier Costacurta

Lahir pada 24 April 1966 di Jeragao con Orago, Italia, Costacurta tumbuh dan berkembang untuk menjadi seorang bek tengah handal pada masa depan. Bergabung dengan AC Milan junior sejak 1979 menjadi batu loncatan kariernya.

Meski sempat disekolahkan ke Monza, Costacurta berhasil meyakinkan pelatih AC Milan saat itu, Arrigo Sachi bahwa ia layak masuk tim inti. Setelahnya, yang terjadi adalah sejarah di mana Costacurta begitu sukses bersama AC Milan.

7 gelar Serie A Italia, 5 gelar Liga Champions, 1 Coppa Italia, 1 Supercoppa Italiana, 4 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Interkontinental menjadi jumlah medali yang memenuhi lemari Costacurta. Di antara semua cerita juaranya, Costacurta juga punya kisah unik.

Pernah Menampar Gattuso

Yaitu, ketika ia ternyata pernah memberikan tamparan kasih sayang untuk seorang pemain berhati keras seperti Gennaro Gattuso yang kini jadi pelatih di Napoli. Gattuso sebagai pihak korban pun masih begitu ingat dengan kondisi itu.

“Ketika saya bercukur pada hari pertama saya di Milanello, saya meninggalkan dua helai rambut di wastafel, yang terjadi.. saya langsung mendapat dua tamparan di kepala dari Costacurta dan segera memahami mentalitas di Milan,” kenang Gattuso kepada ANSA.

Padahal seperti yang kita tahu, Gattuso adalah sosok yang begitu tegas dan tidak segan-segan menampar pemainnya di dalam lapangan jika ada kesalahan yang dibuatnya.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESGennaro Gattuso.

Akan tetapi kini kita tahu, hobi Gattuso menampar orang sepertinya memang ia pelajari dari seniornya, Costacurta. Sudah pensiun sejak 2017, bagaimana kabar terkini Costacurta?

Kabar Terkini

Berdasarkan laman Instagram pribadi dan laman SNDX, diketahui kegiatan yang dilakukan Costacurta begitu padat.

Mulai dari menjadi komentator di Sky Calcio, kolektor seni kontemporer, menjadi asisten penulis dari seri buku anak-anak, ‘Paman Billy dan teman-temannya’, hingga menjadi sukarelawan dari ABIO Italia Onlus Foundation untuk anak-anak di rumah sakit.

Meski dikenal begitu tegas dan kejam di atas lapangan ketika mengawal pertahanan AC Milan, ternyata ada sisi lembut dalam hati Costacurta sehingga membuatnya ingin menjadi relawan untuk anak-anak di rumah sakit.