Liga Europa

Hasil Pertandingan Liga Europa, Gent vs AS Roma: Kluivert Bawa Serigala Italia Lolos

Jumat, 28 Februari 2020 02:52 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
© twitter.com/officialasroma
Selebrasi Justin Kluivert dan para pemain AS Roma di Liga Europa kontra Gent Copyright: © twitter.com/officialasroma
Selebrasi Justin Kluivert dan para pemain AS Roma di Liga Europa kontra Gent

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa antara Gent vs AS Roma pada Jumat (28/2/20) dini hari WIB, di mana Justin Kluivert bawa Serigala Italia lolos ke babak selanjutnya.

Bertanding di Ghelamco Arena markas dari A.A. Gent, tim tamu AS Roma tampil dengan modal positif setelah di pertemuan pertama pekan lalu berhasil meraih kemenangan tipis 1-0.

Bermodalkan keunggulan agregat, AS Roma hanya membutuhkan hasil seri untuk memuluskan langkah mereka ke babak selanjutnya di Liga Europa 2019/20.

Laga diprediksi berjalan mudah buat AS Roma, mengingat komposisi skuat Serigala Ibukota lebih mentereng ketimbang tim tuan rumah di laga ini, namun yang terjadi di lapangan justru tidak sesuai ekspektasi.

Babak Pertama
Gent yang tampil di depan pendukung sendiri malah mampu memberikan tekanan untuk lini pertahanan AS Roma, tiga tembakan mengarah ke gawang berhasil mereka lakukan dalam kurun waktu tujuh menit lewat aksi Roman Bezus.

Beruntung lini belakang AS Roma masih cukup sigap menahan gempuran tersebut, terlebih penampilan Paul Lopez yang gemilang di awal laga terutama saat menahan sepakan Roman Bezus menit ke-7', yang sekaligus menggagalkan peluang Gent unggul cepat.

Namun sayang, pertahanan rapat AS Roma harus sobek setelah menerima gempuran bertubi-tubi tim tamu. Pada menit ke-25', Jonathan David berhasil memaksimalkan umpan silang Roman Bezus dan melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal diamankan kiper Paul Lopez. Skor 1-0 untuk Gent dan agregat menjadi sama kuat.

Meski tertinggal, AS Roma tidak kehilangan arah dan berhasil menguasai jalannya pertandingan bahkan mampu menyamakan kedudukan hanya dalam waktu empat menit usai tertinggal.

Sebuah umpan matang dari Henrikh Mkhitaryan berhasil dituntaskan dengan sempurna oleh Justin Kluivert lewat sepakan terukurnya, dan bola gagal diselamatkan kiper Gent. Skor sama kuat 1-1, namun agregat masih milik AS Roma.

Selepas gol tersebut, kedua tim bermain lepas dan saling memberi serangan khususnya Gent yang berusaha mencari gol tambahan. Namun rapatnya pertahanan serta penampilan impresif lini pertahanan tim tamu, membuat skor tidak berubah hingga turun minum.

Babak Kedua
Pada babak kedua, peluang lebih banyak dihasilkan Gent salah satunya melalui aksi Jonathan David dan Vadis Odjidja-Ofoe namun buruknya penyelesaian akhir membuat usaha tuan rumah gagal berbuah gol.

Tercatat ada 16 tembakan dengan 6 diantaranya mengarah ke gawang yang telah dilepaskan Gent, namun hanya satu berbuah gol. Sementara AS Roma melepaskan 6 tembakan dan cuma satu tepat sasaran di laga ini.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan dari kedua tim di babak kedua dan laga berakhir dengan skor imbang 1-1. AS Roma yang unggul agregat 2-1 berhasil melangkah ke babak selanjutnya di Liga Europa 2019/20.

Susunan Pemain

Gent (4-4-2)
Thomas Kaminski; Castro-Montes, Ihor Plastun (A. Niangbo), Michael Ngadeu-Ngadjui, Milad Mohammadi; Vadis Odjidja-Ofoe, Elisha Owusu, Roman Bezus, Sven Kums; Laurent Depoitre (G. Kvilitaia), Jonathan David.

AS Roma (4-2-3-1)
Pau Lopez; Leonardo Spinazzola (D. Santon), Chris Smalling, Gianluca Mancini, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Jordan Veretout (Fazio); Carles Perez (Gonzalo Villar), Henrikh Mkhitaryan, Justin Kluivert; Edin Dzeko